ADVERTISEMENT

Warga Bodetabek Kini Bisa Numpang Uji Emisi di Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 13:37 WIB
Uji emisi gratis dilakukan di Jakarta, Minggu, (12/12/ 2021). Dalam kegiatan ini sebanyak 400 kendaraan mobil melakukan diuji emisi.
Ilustrasi uji emisi (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Kendaraan dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) kini bisa menumpang uji emisi di Unit Pelayanan Penguji Kendaraan Bermotor (UP PKB) di Jakarta. Sekda DKI Marullah Matali menjelaskan hasil uji emisi terintegrasi ke sistem Kementerian Perhubungan.

"Kalau kendaraan dari luar itu namanya ada tambahan, numpang uji. Saya lihat hasilnya nge-link langsung dengan Kemenhub, jadi langsung teregistrasi dengan Kemenhub," kata Marullah Matali di UP PKB Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

Dia mengatakan kendaraan Bodetabek maupun luar Jakarta hanya bisa mengikuti uji emisi. Kendaraan yang bisa melanjutkan ke tahap uji kir hanya milik warga Jakarta.

"Bisa (uji emisi). Namanya numpang uji emisi, bukan numpang uji kir," jelasnya.

Marullah mengatakan uji emisi bukan hanya milik DKI, melainkan kebijakan nasional. Dia menyebut Jakarta memiliki kepentingan untuk menurunkan gas karbon.

"Jakarta memiliki kepentingan menurunkan gas karbon. Meskipun yang lain juga sama tapi tentu Jakarta dengan kepadatan penduduk seperti itu dan jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta sangat banyak, kita punya kepentingan mendesak untuk mendahului yang lainnya," ujarnya.

Lihat juga video 'Sengkarut Peraturan Uji Emisi':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT