ADVERTISEMENT

Pimpinan KPK Pertimbangkan PK Vonis Bebas 'Crazy Rich' Samin Tan

M Hanafi - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 11:56 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Hanafi-detikcom)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan pihaknya menghormati putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang membebaskan Samin Tan. Dia mengatakan putusan tersebut merupakan kewenangan MA.

"Sekali lagi menghormati putusan dari majelis hakim ya, karena itu ranah dan otoritas dari Mahkamah Agung, apakah akan mengabulkan atau menolak kasasi KPK," kata Ghufron di lobi gedung ACLC-KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

Dia mengatakan KPK masih menunggu salinan lengkap putusan kasasi dari MA. Dia mengatakan KPK akan mengkaji pertimbangan hakim dalam putusan itu.

"Lantas sikap KPK bagaimana? Kami akan menunggu dulu hasil putusannya. Sejauh ini, kami akan kaji, untuk kemudian kami melakukan pengkajian langkah hukum apa yang kami lakukan terhadap putusan bebas Samin Tan di proses kasasi tersebut," ujarnya.

Ghufron juga mengatakan KPK akan mengkaji kemungkinan mengajukan peninjauan kembali (PK). "Semuanya masih proses pengkajian, kami menunggu dulu putusan salinan tertulisnya secara resmi. Supaya kami kemudian dapat bisa menentukan langkah lanjut PK atau tidak," tutur Ghufron.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan jaksa KPK terhadap pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (PT BLEM) Samin Tan. Alhasil, Samin Tan tetap bebas lantaran tidak terbukti menyuap eks Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih.

Saat itu duduk sebagai ketua majelis Suhadi dengan anggota Suharto dan Ansori. Vonis tersebut diketok pada 9 Juni 2022 dengan panitera pengganti Dwi Sugiarto.

"Tolak," demikian bunyi putusan singkat MA yang dilansir website-nya, Senin (13/6).

Simak juga 'Samin Tan Divonis Bebas, KPK Yakini Alat Bukti Kuat':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT