ADVERTISEMENT

Isu Nama Besar Terguling dari Kabinet, PPP Singgung Partai 'Talk too Much'

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 08:52 WIB
Arsul Sani
Arsul Sani (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Elite Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibobo mengungkap ada spekulasi bahwa ada nama besar akan terguling dari Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meminta parpol anggota koalisi pemerintah tak membuat spekulasi soal reshuffle.

"PPP tetap berpandangan sebaiknya soal reshuffle kabinet kita serahkan saja kepada presiden karena beliau yang punya hak prerogatif dan kewenangan. Tidak usah diramal-ramal, dispekulasikan, apalagi kalo yang meramal atau berspekulasi adalah orang yang partainya baru mau masuk koalisi pemerintahan," kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

Arsul mewanti-wanti spekulasi itu menimbulkan suasana gaduh di dalam koalisi. Dia lalu menyinggung anggota koalisi yang banyak bicara alias talk too much.

"Nanti belum apa-apa sudah menimbulkan suasana tidak kondusif di kabinet itu sendiri karena ada partai yang 'talk too much' soal reshuffle," tutur dia.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan, jika PAN ingin mendapatkan kursi menteri di Kabinet Jokowi, maka perbanyaklah berdoa. Arsul meminta agar tak perlu lagi meramal-ramal soal reshuffle kabinet di hadapan publik.

"Kalaupun partainya berharap dapat kursi kabinet ya banyak berdoa saja kepada Tuhan agar dikabulkan hajatnya, tapi tidak perlu meramal atau berspekulasi di media," sebut dia.

Dia menegaskan selama ini anggota koalisi selalu hati-hati berbicara soal reshuffle kabinet. Arsul kemudian meminta agar partai yang baru masuk koalisi untuk menyesuaikan diri.

"Selama ini partai-partai yang sudah lama ada di koalisi itu cenderung hati-hati kalau bicara reshuffle, tidak malah mengumbar atau kelewat semangat di ruang publik. Ini bagian dari bentuk penghormatan terhadap hak prerogatif presiden," tutur Arsul.

"Ini kultur yang dibangun selama ini di antara partai-partai yang sudah ada di dalam koalisi. Jadi mestinya yang baru mau masuk ya menyesuaikanlah kulturnya," imbuhnya.

Baca berita lengkap pada halaman berikut.

Simak Video 'Desas-desus Isu Reshuffle: PAN Dapat Kursi Menteri-Nama Besar Terguling':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT