ADVERTISEMENT

Tentang Relief di Sarinah, Kata Mega 'Disembunyikan' Usai Sukarno Lengser

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 07:50 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).
Megawati saat tinjau Sarinah (Dok. PDI Perjuangan)
Jakarta -

Relief kuno yang menggambarkan kehidupan kaum tani dipamerkan kembali di gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut relief kuno itu sempat 'disembunyikan' setelah ayahnya Sukarno tak menjabat lagi sebagai Presiden RI.

Dirangkum detikcom, Senin (13/6/2022), adanya relief kuno ini mengemuka saat renovasi besar-besaran Gedung Sarinah. Informasi ini bocor usai unggahan foto relief itu viral di media sosial.

Setelah foto itu viral, pihak Sarinah pun buka suara. Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati, membenarkan adanya relief yang ditemukan di dalam gedung Sarinah.

"Oke jadi benar adanya relief tersebut ya, tapi memang akan kami pamerkan pada saat grand launching. Karena benda tersebut termasuk cagar budaya, jadi tim cagar budaya juga perlu memugar dan sedapatnya dikembalikan kepada kondisi awal. Makanya kenapa kita tidak publish saat ini karena masih perlu diperbaiki sedikit dan dikembalikan pada kondisi awal. Jadi sebenarnya kami siapkan buat surprise," terangnya saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/1/2021).

Fetty mengatakan relief itu sudah ada sejak gedung Sarinah diresmikan pertama kali oleh Sukarno pada tahun 1960-an. Saat itu, relief kehidupan kaum tani tersebut ditempatkan secara terbuka.

Namun, pada saat gedung direnovasi dan mengubah layout, relief itu ditutup karena tidak sesuai dengan layout, sehingga keberadaan relief tersebut sudah lama tidak diketahui oleh masyarakat luas. Kini relief itu dipamerkan lagi setelah Sarinah direnovasi.

Di tengah-tengah renovasi gedung Sarinah tahun lalu, Menteri BUMN Erick Thohir meninjau relief kuno itu. Erick menyayangkan kondisi relief yang tak terawat.

"Ini bangsa besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya dan tentu bangsa besar itu adalah bangsa yang cinta karya seninya. Saya terus terang sangat terharu dalam arti saya juga pecinta seni, ketika melihat kondisi seni budaya yang kita punya ini tidak terawat," kata Erick dikutip detikcom, Jumat (15/1/2021).

Diyakini Karya Edhi Seonarso

Lalu siapakah seniman yang membuat relief kuno tersebut? Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) menduga kemungkinan besar relief itu dibuat oleh kelompok seniman dari Yogyakarta.

Dugaan seniman pembuat relief itu mengarah ke sosok pematung Edhi Soenarso. Terkait hal tersebut, Satya Sunarso, putra ketiga almarhum Edhi Soenarso belum bisa memastikan apakah relief itu benar buatan almarhum ayahnya atau bukan.

"Saya belum bisa (memastikan). Kami takut salah-salah jawab," kata Satya melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (18/1/2021).

Megawati bilang relief kuno di Sarinah 'disembunyikan', simak pada halaman berikut.

Saksikan Video 'Dari 1,5 Bulan Lalu Erick Thohir Mau Tunjukkan Hasil Renovasi Sarinah ke Megawati':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT