ADVERTISEMENT

Ke Sarinah, Megawati Sebut Ada Relief 'Disembunyikan' Usai Sukarno Lengser

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 18:28 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).
Didampingi Erick Thohir, Megawati Kunjungi Galeri Bung Karno di Sarinah (Dok. PDIP)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ditemani Menteri BUMN Erick Thohir berkeliling Gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya, Megawati mengatakan ada relief yang menggambarkan kehidupan kaum tani yang sempat disembunyikan setelah ayahnya lengser sebagai presiden RI.

"Mengenai dipasangnya kembali seni relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya tanda kutip 'disembunyikan'," ujar Putri Bung Karno itu kepada wartawan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022). (Dok. PDI Perjuangan)

Namun kini dia merasa bersyukur karena seni pahat itu dapat ditampilkan kembali kepada para pengunjung Sarinah. Megawati menilai pembuatan relief seperti itu bukan pekerjaan yang mudah.

"Tapi akhirnya alhamdulillah dapat dikembalikan. Menurut saya, dari sisi seni, itu luar biasa sekali, karena mungkin anak muda sekarang belum tentu mengetahui untuk memahat seperti itu panjang relief seperti itu bukan sebuah hal yang mudah karena itu tiga dimensi," jelas Megawati.

Dalam kesempatan yang sama, Erick menilai pemugaran Sarinah merupakan langkah pemerintah dalam melestarikan sejarah. Maka Erick merenovasi gedung tersebut.

"Saya rasa sarana ini merupakan sejarah yang hampir terlupakan. Karena itu aku izin, bagaimana kami kebetulan ini aset BUMN kita bisa perbaiki," tutur Erick

Akan Diresmikan Jokowi

Rencananya, Sarinah bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli mendatang. Erick menyebut Sarinah setelah direnovasi mendapat pujian dari Megawati.

"Alhamdulillah akan diresmikan oleh Pak Presiden Jokowi di bulan Juli. Nanti waktunya beliau yang menentukan. Tetapi paling tidak ya kedatangan Ibu Mega bisa melihat, alhamdulillah beliau tadi memuji," paparnya.

Megawati dan Erick Thohir menyambangi Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, siang tadi. Kedatangan keduanya untuk mengunjungi Galeri Bung Karno yang ada di gedung tersebut.

Setiba di gedung Sarinah, Megawati dan Erick langsung naik ke lantai 6. Keduanya pun berkeliling melihat sejumlah lukisan yang ada di Galeri Bung Karno.

Di lokasi, tampak beberapa foto Proklamator Indonesia, Bung Karno, terpajang. Megawati dan Erick tampak berjalan sambil berbincang-bincang. Setelah itu, keduanya lalu turun ke lantai 1 gedung Sarinah untuk makan siang.

(rak/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT