ADVERTISEMENT

Jokowi Batal Hadir ke Pembukaan Tahapan Pemilu 2024

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 07:46 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pembukaan tahapan pemilu 2024 hari ini. Presiden Jokowi batal menghadiri pembukaan tersebut.

"Tidak (hadir)," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres), Heru Budi Hartono, ketika dikonfirmasi, Selasa (14/6/2022).

Sebelumnya, Komisioner KPU Parsadaan Harahap mengatakan Presiden Jokowi dikonfirmasi akan hadir pada acara hari ini.

"Sampai hari ini terkonfirmasi, apa namanya, beliau akan hadir sesuai audiensi yang kita lakukan kemarin, informasinya yang kita sampaikan, ada persiapan-persiapan terkait posisi di gedung KPU, untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan," kata Parsadaan Harahap, Senin (13/6) kemarin.

Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik, Yulianto Sudrajat, menjelaskan agendanya yakni meluncurkan tahapan Pemilu 2024. KPU mengundang seluruh jajaran KPU Provinsi untuk konsolidasi persiapan pemilu.

"Tentu secara organisasi harus kita rapatkan barisan, kita persiapkan sebaik-baiknya kita sampaikan juga arahan-arahan dan kebijakan yang nantinya KPU Provinsi harus juga menyampaikan kepada jajaran di tingkatan kabupaten/kota," sambungnya.

Lebih lanjut, Yulianto mengatakan tahapan terdekat saat ini adalah pendaftaran dan verifikasi partai politik. Rencananya akan dimulai pada 29 Juli-13 Desember 2022.

"Hal-hal demikianlah yang juga nanti akan kita sampaikan kepada seluruh jajaran agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya, secara umum begitu sampai nanti juga termasuk pendaftaran pemilih sampai juga dengan persiapan pembentukan badan ad hoc," sambungnya.

Simak juga 'Kesepakatan Jokowi-KPU: Pemilu Sesuai Jadwal-Masa Kampanye 90 Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT