ADVERTISEMENT

Wanti-wanti Jokowi Agar Waspada Buntut Munculnya Varian Baru Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 21:10 WIB
Presiden RI Ir Joko Widodo
Presiden Jokowi (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Varian baru Corona Omicron BA.4 dan BA.5 kini tengah muncul di Tanah Air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah mewanti-wanti akan terjadinya peningkatan kasus positif virus Corona di masyarakat.

Wanti-wanti Jokowi itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin setelah menggelar rapat terbatas (ratas) dengan Jokowi di Istana, Jakarta, hari ini. Jokowi meminta varian baru Corona itu diantisipasi.

Budi menyebut ada sejumlah penekanan yang diberikan Jokowi sebagai langkah antisipasi. Langkah antisipasi itu dari vaksin booster hingga penggunaan masker.

"Walaupun demikian, Bapak Presiden juga memberikan arahan ke kami bahwa lebih baik kita waspada, lebih baik kita berhati-hati karena kewaspadaan kita, konservatifnya kita, kehati-hatian kita sudah memberikan hasil bahwa kondisi penanganan pandemi di Indonesia termasuk yang relatif baik dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia," ujar Budi saat konpers, Senin (13/6/2022).

Vaksinasi Booster Ditingkatkan

Budi mengatakan Jokowi memintanya meningkatkan vaksinasi booster. Sebab, menurut Budi, jika banyak masyarakat yang melakukan booster, kemungkinan Indonesia tidak mengalami lagi kenaikan kasus.

"Jadi arahan beliau pertama, vaksinasi booster ditingkatkan terus karena sekarang kan sudah bulan Juni-Juli semua negara bersiap gelombang berikutnya," katanya.

Menurut Budi, gelombang Omicron BA.4 dan BA5 ada kemungkinan akan tercapai pada satu bulan setelah kasus pertama ditemukan. Karena itu, dia menduga puncak kasus Omicron BA.4 dan BA5 akan terjadi pada minggu kedua atau minggu ketiga Juli.

"Kalau benar-benar masyarakat siap dan booster-nya yang baik, kemungkinan besar puncaknya tak akan tinggi, dan ditambah dengan adanya booster daya tahan imunitas masyarakat akan bertahan 6 bulan lagi, sehingga kalau itu bisa kita jaga, maka Indonesia mungkin akan jadi satu negara yang pertama-tama dalam 12 bulan tak alami lonjakan kasus," paparnya.

Pemakaian Masker Saat Sedang Tidak Fit

Budi mengatakan Jokowi juga tetap mengingatkan pemakaian masker di dalam ruangan tertutup dan di saat kondisi sedang tidak fit. Jokowi juga meminta aturan wajib booster diterapkan di berbagai acara.

"Bapak Presiden juga berikan arahan agar booster mudah diterima oleh teman-teman ya setiap acara besar, kalau bisa diwajibkan mewajibkan booster sehingga bisa memastikan teman-teman yang mengikuti acara kerumunan besar relatif aman," kata Budi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak juga Video: Update Corona RI 12 Juni 2022: Bertambah 551 Kasus, 407 Sembuh

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT