ADVERTISEMENT

NasDem Tak Undang Jokowi di Pembukaan Rakernas, Ini Alasannya

Mulia Budi - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 20:13 WIB
Parta NasDem akan gelar Rakernas pada 15-17 Juni 2022. Rakesnas tersebut akan membahas rekomendasi calon presiden (Capres) 2024.
Sekjen NasDem Johnny G Plate sedang memberikan penjelasan terkait rakernas, di NasDem Tower, Senin (13/6/2022). (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem tak mengundang Presiden Jokowi dalam pembukaan rakernas yang bakal digelar beberapa hari lagi. Ini alasan NasDem tak mengundang Presiden Jokowi dalam pembukaan rakernas.

"Hanya internal, semuanya ini internal," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022). Johnny menjawab pertanyaan apakah Presiden Jokowi tak diundang dalam pembukaan Rakernas NasDem.

"Internal, semuanya internal," imbuhnya.

Johnny menjelaskan, Rakernas NasDem bukanlah forum umum seperti halnya munas ataupun kongres. Dalam rakernas nanti, sebut dia, ada agenda rekrutmen politik internal.

"Ini internal, ini bukan munas, kongres yang umum. Ini rapat yang berkaitan dengan agenda internal, rekrutmen politik internal, sehingga dia sifatnya sangat internal," papar Johnny.

Johnny menuturkan bahwa NasDem pada dasarnya menghormati Presiden Jokowi. Terlebih Jokowi saat ini sedang sibuk.

Menkominfo itu pun yakin Presiden Jokowi memahami sikap NasDem. Lagipula, sebut Johnny, NasDem selalu mengundang Jokowi untuk hadir dalam kegiatan partai, seperti kongres dan peresmian NasDem Tower yang digelar beberapa waktu lalu.

"Kita menghormati. Bahkan Bapak presiden dengan kesibukannya pun yang saat ini sedang sibuk-sibuk ya, itu kita hormati. Kita mendukung Presiden ya," katanya.

"Ini agenda internal dan Presiden kan memahami betul ya. Jadi banyak kegiatan dan agenda-agenda NasDem kan Bapak Presiden selalu hadir. Bahkan kongres, peresmian gedung, Bapak Presiden hadir. Tapi ini (rakernas) agenda internal, sehingga kita betul-betul fokus secara internal," ucap Johnny menambahkan.

Seperti diketahui, Rakernas NasDem bakal digelar pada 15-17 Juni ini. Rakernas NasDem 2022 ini bertajuk 'Restorasi: Meneguhkan Politik Kebangsaan'.

Dalam rakernas nanti, NasDem akan menggodok 4 nama kandidat capres yang akan diserahkan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Surya Paloh yang nantinya akan memutuskan nama capres yang akan diusung NasDem.

"Hasil output dari rakernas antara tiga sampai empat calon presiden mungkin akan dihasilkan itu nanti akan disampaikan pada ketua umum untuk nanti memilih satu calon yang akan dibicarakan bersama calon-calon mitra koalisi dalam rangka membentuk koalisi capres," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6).

Simak Video: PAN: Reshuffle Hak Prerogatif Presiden, Kami Komitmen Dukung Pemerintahan

[Gambas:Video 20detik]




(zak/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT