ADVERTISEMENT

Selain Godok 4 Nama Capres, NasDem Bahas Pileg-Pilkada di Rakernas

Mulia Budi - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 17:36 WIB
Parta NasDem akan gelar Rakernas pada 15-17 Juni 2022. Rakesnas tersebut akan membahas rekomendasi calon presiden (Capres) 2024.
Sekjen NasDem Johnny G Plate dalam konferensi pers terkait Rakernas NasDem 15-17 Juni ini. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem bakal menggodok 4 nama capres 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni 2022. Sekjen NasDem Johnny G Plate menyebut Pileg dan Pilkada 2024 juga turut dibahas dalam rakernas tersebut.

"Ya karena kan ada dua agenda bulan Februari 2024, yaitu pileg dan pilpres, nah pada saat pembahasan (rakernas), itu juga tidak secara spesifik, tapi juga menjadi bagian untuk persiapan pemilu, pilkada di bulan November 2024," kata Plate di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Plate mengatakan rakernas NasDem fokus membahas calon presiden yang bakal diusulkan dalam Pemilu 2024 mendatang. Menurutnya, perihal pileg dan pilkada bakal dibahas, namun belum secara spesifik.

"Pilkada kan modelnya lain sama sekali ya, berbeda sama sekali. Tapi pilkada nanti kan berbasis hasil pileg ya, sehingga kita tentu menyiapkan, tapi tidak spesifik," ujarnya.

Sebelumnya, Partai NasDem Sumut menyeleksi 10 nama untuk didukung menjadi calon Gubernur Sumatera Utara. 10 nama yang sudah disiapkan itu merupakan kader NasDem Sumut.

"NasDem sudah menyiapkan 10 nama kader NasDem untuk Pilgub," kata Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar di Medan, Jumat (3/6/2022).

Iskandar belum membeberkan siapa-siapa saja nama yang sudah mereka siapkan itu. Dia hanya menjelaskan kriteria dari orang-orang yang sudah disiapkan itu.

"Yang jelas NasDem Sumatera Utara tetap berkomitmen akan mengusung calon kepala daerah yang sudah berkeringat untuk NasDem. Calon yang kami usung tentu saja kami nilai punya kwalitas, kapasitas, elektabilitas yang kita yakin bisa memenangkan kontestasi," ucapnya.

Iskandar mengatakan proses seleksi calon gubernur yang akan mereka dukung nantinya akan dimulai setelah mereka mengikuti Rakernas NasDem di Jakarta pada 15-17 Juni 2022.

"Saya sampaikan setelah rakernas saya akan fokus ke situ. Setelah rakernas, NasDem Sumatera Utara akan fokus pertama melakukan verifikasi terlebih dahulu, di internal, di DPD-DPD dalam rangka mendaftar ke KPU. Yang kedua, mempersiapkan caleg untuk Pileg 2024. Yang ketiga mempersiapkan calon kepala daerah di tingkat gubernur maupun di tingkat kabupaten/kota," jelasnya.

(zak/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT