ADVERTISEMENT

Tentang Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Diberi Nama Masjid Al Mumtadz

Syena Meuthia - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 16:34 WIB
Masjid rancangan Ridwan Kamil tengah viral. Masjid yang sedang dibangun itu terletak di samping tempat pemakaman putranya, Emmeril Kahn Mumtadz.
Masjid Rancangan Ridwan Kamil Terletak di Samping Makam Eril (Foto: Tangkapan Layar Video Instagram @ridwankamil)
Jakarta -

Masjid rancangan Ridwan Kamil akan dibangun di samping tempat pemakaman putranya yaitu Emmeril Kahn Mumtadz. Berikut ulasan tentang masjid yang akan dinamai Masjid Al Mumtadz tersebut.

Lokasi Pemakaman Eril di Samping Masjid Rancangan Ridwan Kamil

Mengutip dari unggahan di instagram resminya, Ridwan Kamil telah menyiapkan tempat peristirahatan terakhir untuk anaknya. Melalui unggahannya itu, tergambarkan letak pemakaman Emmeril berada di sebelah masjid rancangannya.

Masjid rancangan Ridwan Kamil tersebut dinamai seperti nama akhir anaknya yaitu Al Mumtadz. Diketahui Masjid rancangan Ridwan Kamil ini terletak di kawasan Cimaung, Bandung.

"Dear Eril, Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namanu Masjid Al Mumtadz," demikian keterangan Ridwan Kamil.

Jenazah Eril ditemukan oleh Kepolisian Bern pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 waktu Swiss di Pintu Air Bendungan Engehalde. Pihak kepolisian Bern mengatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz meninggal akibat tenggelam setelah mengalami keadaan darurat terseret arus sungai Bern.

Ridwan Kamil juga mengungkapkan kondisi jenazah anaknya ditemukan dalam keadaan utuh dan wangi. Hari ini Senin (13/6/2022), jenazah Eril sudah dimakamkan.

Masjid Al Mumtadz menjadi sorotan karena lokasinya berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Eril. Bangunan tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil.Masjid Al Mumtadz Dekat Makam Eril (Foto: Tangkapan Layar Video Instagram @ridwankamil)

Prosesi Pemakaman Eril

Setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/6/2022), jenazah Eril dibawa melalui jalur darat ke rumah dinas Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung untuk disemayamkan. Jenazah Eril disalatkan langsung di Gedung Pakuan pada pukul 23.00 WIB.

Hari ini, Senin (13/6/2022) sekitar pukul 09.00 WIB, jenazah Eril diberangkatkan dari Gedung Pakuan menuju pemakamannya di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung. Prosesi keluarnya jenazah dari ruang persemayaman ke mobil jenazah didampingi oleh Ridwan Kamil dan keluarganya.

Sejumlah petugas juga mengawal prosesi pemberangkatan jenazah Eril. Proses pemberangkatan jenazah Eril ke lokasi pemakaman diiringi dengan salawat dan lantunan tahlil dari pelayat yang hadir di Gedung Pakuan.

Bahkan lokasi pemakaman Eril di Baitul Ridwan Islamic Center, Cimaung, Kabupaten Bogor didatangi oleh banyak sekali pelayat. Mereka mengantar kepergian putra gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Sekitar pukul 10.55 WIB, jenazah Eril datang menggunakan mobil ambulans bersama rombongan. Sesampainya di area pemakaman, jenazah Eril diturunkan dan digotong oleh anggota Brimob menuju titik pemakaman. Lantunan salawat kembali bergema saat jenazah digotong ke liang lahat.

Lantunan bacaan salawat yang merdu dari hafiz dan qari Muzammil Hasballah membuat suasana pemakaman semakin khusyuk. Seluruh pelayat pun ikut melantunkan salawat sambil berdiri mengiringi jenazah Eril dimakamkan.

Prosesi Pemakaman Eril Didampingi Sejumlah Kepala Daerah

Sejumlah kepala daerah nampak hadir saat prosesi pemakaman Eril yang berlokasi di samping masjid rancangan Ridwan Kamil. Mereka adalah Bupati Bandung Dadang Supriatna, Bupati Sumedang, Bupati Karawang, serta beberapa pejabat lain.

Ridwan Kamil melihat langsung di depan liang lahad prosesi pemakaman anaknya itu. Bahkan, ia menyerok langsung tanah untuk dimasukkan ke dalam liang lahad putra sulungnya itu.

Usai jenazah Eril dimakamkan, Ridwan Kamil dan istrinya Atalia mengawali prosesi tabur bunga di atas pusaran makam anaknya. Ridwan Kamil juga menyiram air ke atas makam Eril.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT