ADVERTISEMENT

Masjid Al Mumtadz, Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Samping Makam Eril

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 15:07 WIB
Masjid Al Mumtadz menjadi sorotan karena lokasinya berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Eril. Bangunan tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil.
Masjid Al Mumtadz, Bangunan Rancangan Ridwan Kamil di Samping Makam Eril (Foto: Tangkapan Layar Video Instagram @ridwankamil)
Jakarta -

Masjid Al Mumtadz tengah ramai diperbincangkan. Masjid tersebut akan dibangun berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Bangunan tersebut juga dirancang oleh Ridwan Kamil sendiri. Berikut serba-serbi tentang Masjid Al Mumtadz di Bandung.

Masjid Al Mumtadz: Berlokasi di Cimaung

Masjid Al Mumtadz berada di Kampung Gegerbeas, Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wilayah tersebut merupakan kampung halaman dari keluarga Ridwan Kamil. Makam anak Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, Eril berada di Yayasan Islamic Center Baitul Ridwan yang terletak di samping Masjid Al Mumtadz.

Masjid Al Mumtadz menjadi sorotan karena lokasinya berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.Rancangan Bangunan Masjid Al Mumtadz (Foto: Tangkapan Layar Video Instagram @ridwankamil)

Masjid Al Mumtadz: Diambil dari Nama Eril

Nama Al Mumtadz diambil dari nama belakang Eril, yakni Emmeril Kahn Mumtadz. Hal tersebut dibenarkan oleh Ridwan Kamil, ayahanda Eril.

"Dear Eril. Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai," kata Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya @ridwankamil, yang dilihat detikcom, Senin (13/6/2022).

"Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan, yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz," lanjut Ridwan Kamil.

Arti Nama Mumtadz

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyebutkan arti nama Mumtadz. Nama tersebut diambilnya dari Bahasa Arab yang artinya terbaik.

Selain menyebutkan nama masjid yang berlokasi di area pemakaman Eril, Ridwan Kamil juga menjelaskan nama Mumtadz. Dalam bahasa Arab, Mumtadz memiliki makna yang terbaik.

"Masjid Al Mumtadz yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu (Eril) menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," tulis Ridwan Kamil masih dalam unggahan yang sama.

Rute Perjalanan Menuju Masjid Al Mumtadz, Bandung

Apabila ingin berkunjung ke Masjid Al Mumtadz, Cimaung, Bandung, dapat melalui dua pilihan. Berikut informasinya.

  1. Lewat Jalan Tol Soreang - Pasir Koja/Jalan. Tol Soroja: jarak tempuh yang diperlukan kurang lebih 38,2 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 14 menit.
  2. Lewat Jalur Keluar Tol Pasir Koja/Jl. Masuk Tol Pasir Koja dan Jl. Tol Soreang - Pasir Koja/Jl. Tol Soroja: jarak tempuh yang diperlukan kurang lebih 30,4 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 23 menit.
(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT