Soal Reshuffle, PAN Akui Dengar Rumor Bakal Dapat Kursi Menteri-Wamen

ADVERTISEMENT

Soal Reshuffle, PAN Akui Dengar Rumor Bakal Dapat Kursi Menteri-Wamen

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 16:01 WIB
Pengurus DPP PAN
Ketua Umum Zulkifli Hasan bersama jajaran elite PAN. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

PAN mengaku mendengar kabar reshuffle kabinet bakal dilakukan 15 Juni ini. Elite PAN Saleh Partaonan Daulay menyebut kalangan internalnya juga mendengar kabar bahwa PAN bakal mendapatkan kursi menteri dan wakil menteri (wamen).

"Ya, itu juga (kabar bakal dapat kursi menteri dan wamen) didengar teman-teman lain (kader PAN). Apakah benar? Yang paling tahu adalah pihak Istana," kata Saleh saat dihubungi, Senin (13/6/2022).

Saleh pun berandai-andai, jika kabar dapat kursi menteri dan wamen benar, PAN belum menentukan siapa kader PAN akan ditugaskan menduduki jabatan tersebut. Menurutnya, Ketua Umum PAN belum membahas soal itu.

"Andai kata benar, siapa yang akan ditugaskan oleh partai masuk kabinet? Nah, itu belum ditentukan. Ketum belum pernah membicarakan itu di internal," ujar Ketua Fraksi PAN DPR itu.

Saleh mengungkapkan, hingga kini PAN masih belum mendapat informasi akurat perihal jabatan di kabinet yang bakal diemban kader mereka. Karena itu, PAN belum bisa menyebutkan nama kader yang akan ditugaskan.

"Mungkin karena belum jelas posisi yang akan ditawarkan. Logikanya, kita bisa menyebut nama kalau sudah ada tawaran posisi," lanjutnya.

Sebelumnya, Saleh belum secara lugas mengakui bahwa internal PAN mendengar kabar bakal mendapat kursi menteri dan wamen. Ketua DPP PAN itu hanya menyatakan pihaknya dengan senang hati gabung ke kabinet Presiden Jokowi.

"Kalaupun misalnya ada isu-isu reshuffle kabinet yang katanya PAN akan dapat, tentu kami dengan senang hati untuk ikut bergabung di dalam kabinet," kata Saleh kepada wartawan, Minggu (12/6).

Perihal isu reshuffle 15 Juni juga sempat direspons oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza. Faisol mengaku mendengar kabar reshuffle bakal digelar pada 15 Juni ini.

"Sempat dengar," kata Faisol Riza kepada detikcom menjawab pertanyaan soal kabar reshuffle kabinet 15 Juni, Selasa (7/6) lalu. Untuk diketahui, Presiden Jokowi akrab dengan reshuffle kabinet pada hari Rabu.

Mensesneg Pratikno juga sempat bicara soal isu reshuffle. Meski tak menyatakan lugas isu reshuffle itu valid, Pratikno berjanji akan memberikan bocorannya jika benar bakal ada reshuffle dalam waktu dekat.

"Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit," kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6). Pratikno menjawab pertanyaan soal kabar reshuffle dilakukan Juni.

(fca/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT