ADVERTISEMENT

Menkes: Puncak Gelombang BA.4 & BA.5 Bisa Terjadi di Minggu Ketiga Juli

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 15:03 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi (Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan bahwa sejumlah negara telah bersiap menghadapi gelombang virus Corona varian BA.4 dan BA.5. Pemerintah memprediksi puncak gelombang terjadi pada Juli mendatang.

"Vaksinasi booster harus ditingkatkan terus. Karena sekarang kan sudah bulan Juni-Juli, semua negara sudah siap-siap ada gelombang berikutnya," kata Budi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/6/2022).

Budi mengatakan puncak gelombang terjadi sejak penemuan kasus pertama. Saat ini sudah ada 8 kasus yang ditemukan di Indonesia. Maka, puncak gelombang bisa terjadi di minggu ketiga Juli 2022.

"Pengamatan kami gelombang BA.4 dan BA.5 biasanya puncaknya satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi harusnya di minggu ketiga Juli kita akan lihat puncak kasus dari BA.4 dan BA.5 ini," ungkapnya.

Dia mendorong masyarakat segera melakukan booster vaksinasi COVID-19. Sebab, puncak gelombang ada kemungkinan tidak tinggi jika masyarakat sudah siap.

"Kalau benar-benar masyarakat kita siap, termasuk dengan booster-nya yang baik, kemungkinan puncaknya tidak akan tinggi," ujarnya.

"Dan ditambah dengan adanya booster ini daya imunitas masyarakat akan bertahan enam bulan lagi," sambungnya.

Lihat juga Video: Update Corona RI 12 Juni 2022: Bertambah 551 Kasus, 407 Sembuh

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT