ADVERTISEMENT

Omicron BA 4 dan 5 Masuk RI, Pemprov DKI Siapkan Strategi Pencegahan

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 14:02 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

COVID-19 varian Omicron BA.4 dan BA.5 terdeteksi sudah masuk ke Indonesia. Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dengan varian baru COVID-19 ini.

"Yang paling penting, betapapun baiknya fasilitas maupun sumber daya manusia tenaga nakes, yang paling penting adalah masyarakat itu sendiri. Kami minta untuk lebih waspada dan hati-hati menyikapi ini," ucap Riza di Krakatau Grand Ballroom, Jakarta Timur, Sabu (11/6/2022).

Riza memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan tetap melakukan pencegahan demi pencegahan. Diketahui, sudah ada empat kasus COVID-19 varian baru ditemukan di Indonesia.

"Jadi sudah ada temuan memang kemarin Jumat empat kasus, dan Dinkes sudah melakukan langkah-langkah upaya-upaya pencegahan preventif. Prinsipnya, kami Pemprov dengan segala sumber daya yang ada, kami terus melakukan upaya pencegahan dan siap, ya," ungkapnya.

Sebelumnya, masuknya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diduga menjadi biang kerok kenaikan kasus COVID-19 RI sepekan terakhir. Risiko lonjakan kasus yang disebut-sebut akan terjadi di Singapura juga dikaitkan dengan subvarian ini.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melaporkan subvarian tersebut ditemukan pada empat kasus yang teridentifikasi di Bali pada Kamis (9/6) malam.

"Kenaikan sesudah hari raya itu antara 27 hari sampai 35 hari, sejak hari raya besar Natal ataupun Lebaran. Ini Lebaran kita kan kemarin 2 Mei, kok nggak naik, ya belum naik, karena kan biasanya kejadiannya 27 sampai 35 hari, jadi kenaikan itu pertama normal setiap hari raya besar pasti ada kenaikan," beber Menkes saat ditemui di gedung Kementerian Kesehatan RI, Jumat (10/6).

"Kedua, kita juga ada varian baru. Varian baru juga sudah kita identifikasi tadi malam, tapi itu sebenarnya kejadiannya di akhir bulan Mei. Nah, dari dua fakta itu memang pasti akan ada kenaikan," lanjutnya.

Simak Video 'Langkah Indonesia Hadapi Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT