ADVERTISEMENT

Adu Kuat KIB Vs Wacana Koalisi Semut Merah

Zhacky - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 13:14 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) resmi menandatangani nota kesepakatan. Para ketua umum dan sekretaris jenderal Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menandatangani nota kesepakatan itu.
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Tiga partai koalisi pemerintahan Presiden Jokowi sudah bersepakat membangun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selain itu, muncul wacana Koalisi Semut Merah. Begini peta kekuatan KIB dan wacana Koalisi Semut Merah.

Seperti diketahui, tiga partai yang tergabung dalam KIB adalah Golkar, PAN, dan PPP. Sementara wacana Koalisi Semut Merah diusung PKB dan PKS.

Jika dilihat dari sisi jumlah kursi, KIB lebih kuat dari Koalisi Semut Merah. Dari sisi kandidat capres, dua koalisi ini terbilang seimbang karena keduanya tak memiliki kandidat yang betul-betul kuat secara elektabilitas.

Berikut kekuatan KIB vs Koalisi Semut Merah:

Jumlah Kursi di DPR

- KIB
Golkar: 85 (12,31%)
PAN: 44 (6,84%)
PPP: 19 (4,52%)

Total: 148 kursi (23,57%)

- Koalisi Semut Merah
PKB: 58 (9,69%)
PKS: 50 (8,21%)

Total: 108 kursi (17,9%)

Jika dilihat dari jumlah persentase kursi, KIB telah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20%. Sementara Koalisi Semut Merah setidaknya butuh tambahan satu partai lagi yang memiliki kursi di DPR untuk bisa mengusung capres-cawapres.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu Bertemu Ketum PKB Cak Imin (Foto: Karin/detikcom)Presiden PKS Ahmad Syaikhu Bertemu Ketum PKB Cak Imin (Karin/detikcom)

Survei Elektabilitas

- Survei Poltracking Indonesia
Survei elektabilitas kandidat capres terkini dirilis lembaga Poltracking Indonesia. Hasilnya, dari KIB ada nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, sedangkan dari Koalisi Semut Merah tidak ada.

Berdasarkan survei Poltracking Indonesia, elektabilitas Airlangga sebesar 1,8%. Elektabilitas Airlangga masih kalah dari Erick Thohir, Sandiaga Uno, bahkan Khofifah Indar Parawansa.

Survei Poltracking menggunakan sampel 1.220 responden berusia di atas 17 tahun dengan menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan protokol kesehatan pada 16-22 Mei 2022. Margin of error survei ini tercatat +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca hasil survei lainnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Tak Hanya di Pilpres, KIB Klaim Bakal Langgeng hingga Pilkada

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT