ADVERTISEMENT

Akses Menuju Baduy Dalam Rusak di Bojongmanik, Warga Minta Perbaikan

Fathul Rizkoh - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 10:48 WIB
Jalan alternatif menuju Baduy Dalam rusak. Jalan tersebut berada di Desa Kebon Cau, Bojongmanik, Lebak.
Foto: Akses jalan alternatif menuju perkampungan suku Baduy Dalam rusak. Lokasi kerusakan berada di Desa Kebon Cau, Kecamatan Bojongmanik, Lebak (dok. istimewa)
Lebak -

Akses jalan alternatif menuju perkampungan suku Baduy Dalam rusak. Lokasi kerusakan berada di Desa Kebon Cau, Kecamatan Bojongmanik, Lebak.

Sekretaris Desa Kebon Cau Asep mengatakan jalan rusak itu berada di ruas jalan Koranji-Binong sepanjang 4 kilometer. Kondisinya berbatu dan berlubang sehingga membahayakan pengendara.

"Rusak parah, kalau musim hujan kendaraan roda empat nggak bisa lewat," ujar Asep kepada detikcom, Senin (13/6/2022).

Kondisi rusak sudah berlangsung selama beberapa tahun. Jalan akan semkin rusak jika banyak wisatawan yang datang.

Jalan alternatif menuju Baduy Dalam rusak. Jalan tersebut berada di Desa Kebon Cau, Bojongmanik, Lebak.Jalan alternatif menuju Baduy Dalam rusak. Jalan tersebut berada di Desa Kebon Cau, Bojongmanik, Lebak. Foto: dok. istimewa

"Kalau lagi ramai kan banyak kendaraan. Waktu itu juga ada kejadian kebakaran di Baduy, banyak mobil-mobil pada datang. Dengan kondisi itu semakin rusak jalannya," tuturnya.

Pemerintah desa, menurutnya, pernah berupaya memperbaiki jalan. Namun keterbatasan dana membuat jalan hanya mampu diperbaiki sepanjang 2 kilometer dari total panjang jalan.

"Terbatas kemampuan dana desanya. Terakhir diperbaiki tahun 2018, itu hanya satu kilometer terus tahun 2019 satu kilometer lagi. Selain terbatas (dana desa), ada jalan lain yang juga harus diperbaiki, jadi kami bertahap dulu," jelasnya.

Saat ini, pihaknya berharap agar ada bantuan perbaikan jalan alternatif ke Baduy tersebut. Sehingga, warga setempat bisa menjalankan aktivitas perekonomiannya.

"Kalau jalan penghubung ke kecamatan lain, itu jalan satu-satunya bagi warga. Iya kalau untuk ke Baduy itu jalan alternatif yang terdekat kalau mau ke Cibeo, Ciketawarna, Cikeusik selain lewat Ciboleger yah," pungkasnya.

Lihat juga video saat 'Banjir Terjang Wilayah Baduy: Jembatan Rusak, Longsor Melanda':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT