ADVERTISEMENT

Jenderal Dudung Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Trisakti

Wildan Noviansyah - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 12:03 WIB
Kepala Staf TNI AD (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman (dok Puspen TNI)
Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Foto: dok. Puspen TNI)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman lulus menjadi doktor ilmu ekonomi dengan nilai cum laude. Gelarnya didapat setelah menjalani sidang promosi doktor ilmu ekonomi di Universitas Trisakti, Jakarta Barat.

Dudung lulus setelah memaparkan disertasinya yang berjudul 'Pengaruh Strategic Leadership Style dan Green Human Resource Management terhadap Management Performance Kodam Jaya yang Dimediasi oleh Teamwork Management'.

"Berdasarkan hasil rapat yudisium sidang terbuka promosi doktoral pada program doktor ilmu ekonomi, dengan mempertimbangkan prestasi, ketekunan, ketelitian, dan kesungguhan, serta semangat promovemdus dalam menjalankan proses pendidikan, maka dengan ini diputuskan Dudung Abdurachman dinyatakan lulus dengan predikat cum laude,"kata ketua penguji sekaligus Rektor Universitas Trisaksi Kadarsah Suryadi, Sabtu (11/6/2022).

Setelah pengumuman keputusan itu, Suryadi mengumumkan surat keputusan tentang penetapan kelulusan pendidikan pascasarjana program doktor Dudung.

Dalam kesempatan yang sama, Dudung juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

"Ucapan terima kasih yang pertama kepada rektor Universitas Trisakti, promotor dan kopromotor penguji. Ucapan yang setinggi-tingginya kepada Ayahanda di sini hadir. Di sini hadir mantan komandan saya. Istri saya dan keluarga. Saya mengucapkan terima kasih tentunya kepada seluruh panitia yang terlibat dan sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada yang memberikan support. Semoga ini akan menjadi berkah bagi kita semuanya. Terima kasih," kata Dudung.

Presentasi Singgung Pencopotan Baliho

Disertasi Dudung berjudul 'Pengaruh Strategic Leadership Style dan Green Human Resource Management terhadap Management Performance Kodam Jaya yang Dimediasi oleh Teamwork Management'.

"Promovendus telah menempuh seluruh mata kuliah seminar proposal seminar hasil penelitian dan ujian tertutup. Untuk itu sidang dengan agenda promosi doktor pada program doktor ilmu ekonomi dengan ini saya buka," kata ketua penguji sekaligus Rektor Universitas Trisaksi Kadarsah Suryadi, Sabtu (11/6/2022).

Dalam paparannya, Dudung mengatakan, konsep green human resources management dalam memimpin penting dilakukan. Kata dia, ini nantinya akan menciptakan teamwork yang baik.

"Jadi kepemimpinan dengan style green human resources management dengan keteduhan, maka ini berpengaruh positif pada teamwork dalam melaksanakan tugas," kata Dudung.

Dudung menuturkan menjadi pemimpin tidak perlu punya ketegangan, amarah, dan murka. Dengan pendekatan green human resources nantinya akan menjadikan pemimpin dicintai.

"Ini sering saya lakukan, pendekatan-pendekatan sentuhan sentuhan kepada prajurit. Tidak adanya ketegangan, tidak ada marah-marah tidak ada murka, tidak ada penekanan-penekanan. Justru dengan pendekatan ini, dengan empati yang lebih bagus, maka prajurit akan melaksanakan tugas dengan baik dan akhirnya teamwork ini akan menjadi solid," ujarnya.

Dudung juga menyinggung soal keberanian pemimpin dalam mengambil keputusan. Salah satunya yang dia lakukan ketika mencopot baliho.

"Leadership style diwujudkan dalam keberanian menghadapi dalam mengambil sebuah keputusan. Salah satunya adalah penurunan baliho. Saat itu saya harus putuskan dengan situasi dan kondisi tentunya dilatarbelakangi dengan informasi dari Kapolda, informasi dari Gubernur, Pol PP. Mekanisme berjalan sedemikian rupa, prosedur dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Dan kemudian saya harus mengambil keputusan," kata dia.

"Ciri pemimpin harus mengambil keputusan kalau keputusan itu benar, berarti bagus, kalau salah, masih bagus daripada tidak berani sama sekali. Membangun lingkungan yang nyaman bagi seluruh prajurit yang pada akhirnya menumbuhkan kecintaan," imbuhnya.

Untuk diketahui, daftar penguji dalam sidang tersebut antara lain ketua penguji sekaligus Rektor Universitas Trisaksi Kadarsah Suryadi, sekretaris penguji Dekan FEB Universitas Trisakti Yolanda Masnita Siagian. Selain itu, promotor Willy Arafah, kopromotor Kusnadi.

Ada juga anggota penguji internal Farida Jasfar dan Zainal Effendi Berlian serta penguji eksternal Ninik Rahayu dan Pantja Djati.

Simak juga 'Momen Jenderal Dudung Jenguk Tukul Arwana':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT