ADVERTISEMENT

PAN Sindir Koalisi Semut Merah: PKB dan PKS Belum Penuhi Syarat PT 20%

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 19:48 WIB
Viva Yoga Mauladi
Foto: Tsarina/detikcom
Jakarta -

PKB menyatakan siap berkoalisi bersama PKS dengan membentuk Koalisi Semut Merah. PAN menyindir koalisi tersebut belum memenuhi persyaratan presidential threshold (PT) 20 persen.

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi awalnya menyambut baik jika PKB dan PKS membentuk Koalisi Semut Merah menjelang Pilpres 2024. Viva mengatakan pembentukan koalisi akan memberikan kontribusi positif bagi tiap partai.

"PAN mengapresiasi dan menyambut baik jika PKB dan PKS membentuk Koalisi Semut Merah menjelang Pilpres 2024. Pembentukan koalisi sejak awal, tidak tergesa-gesa, tidak terburu-buru, akan memberikan kontribusi positif bagi sistem kepartaian dan kualitas berdemokrasi," kata Viva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/6/2022).

Viva menyebutkan koalisi partai merupakan hak konstitusional partai yang sudah diamanatkan dalam UUD 1945. Namun, dalam aturan juga disebutkan tentang paslon yang diusung parpol haruslah memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.

"Koalisi partai menjelang pilpres adalah hak konstitusional partai yang diamanatkan di UUD 1945 bahwa pasangan calon presiden/wapres diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik sebelum pemilu," ujar Viva.

"Dan juga dijelaskan di Pasal 222 Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu bahwa paslon yang diusung parpol harus memenuhi syarat presidential threshold 20 persen kursi DPR RI atau 25 persen suara sah nasional," sambungnya.

Viva kemudian menyinggung PKB dan PKS yang belum memenuhi persyaratan itu. Menurutnya, perlu ada tambahan satu parpol lagi untuk gabung bersama Koalisi Semut Merah agar memenuhi syarat.

"Untuk itu, karena persyaratan PT 20 persen, koalisi PKB dan PKS belum memenuhi persyaratan. Perlu ada satu tambahan partai politik lagi," ucap Viva.

Simak video 'KIB Buka Peluang Koalisi Semut Merah PKS-PKB Bergabung':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT