ADVERTISEMENT

Komisi X DPR Setujui Tambahan Anggaran Kemenpora Rp 3 T-Kemendikbud Rp 10 T

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 17:57 WIB
Jakarta -

Komisi X DPR RI menyetujui usulan tambahan anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp 3 triliun serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) sebesar Rp 10 triliun. Usulan penambahan anggaran tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Badan Anggaran (Banggar) DPR.

"Sudah diputuskan kita menyetujui, jadi sore ini kementerian itu kita ajukan ke Banggar. Nanti oleh Banggar kan dibahas apakah disetujui atau tidaknya," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian kepada wartawan, Jumat (10/6/2022).

Hetifah mengatakan pagu anggaran Kemenpora 2024 mengalami penurunan dan sangat kecil. Sementara itu, saat ini banyak event internasional yang akan digelar, salah satunya FIBA World Cup 2023 dan pemberian bonus untuk atlet berprestasi.

"Berdasarkan hasil rapat-rapat kita sebelumnya, kan banyak yang diperlukan kok anggarannya malah turun. Terus gitu, seperti Kemenpora contohnya, ternyata pagu anggarannya 2023 itu sangat kecil," jelas Hetifah.

"Padahal banyak sekali event internasional, seperti FIBA World Cup dan berbagai kebutuhan, termasuk misalnya pemberian bonus untuk atlet, yang kemarin kami sudah jelas dibutuhkan dana yang sangat besar," sambungnya.

Untuk itu, Komisi X DPR menyetujui usulan tambahan anggaran yang diajukan Kemenpora dan Kemendikbud-Ristek. Hal itu, sebut Hetifah, juga berdasarkan dari hasil kesimpulan rapat-rapat sebelumnya.

"Kita harus mengajukan tambahan, jadi itu tadi sudah kita bahas apa-apa saja yang perlu disetujui untuk minta ditambahnya gitu. Kita memang menyetujui karena itu sudah kesimpulan dari hasil rapat-rapat terkait yang mereka berikan," ucapnya.

Kemenpora Usul Tambah Anggaran

Kemenpora mengajukan usulan tambahan anggaran senilai Rp 3.069.450.000.000. Total anggaran itu diperuntukkan buat beberapa program, salah satunya untuk FIFA World Cup U-20 2023.

Usulan anggaran itu disampaikan Menpora Zainudin Amali dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/6). Amali meminta tambahan anggaran salah satunya untuk FIFA Wolrd Cup U-20 sebesar Rp 500 miliar dan FIBA World Cup 2023 sebesar Rp 250 miliar.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT