ADVERTISEMENT

Kata Komisi Olahraga DPR soal Iwan Bule Tokoh Utama Timnas atas Kuwait

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 16:07 WIB
Dede Yusuf
Dede Yusuf (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

PSSI menyebut Ketua Umum mereka, Mochamad Irawan atau Iwan Bule, menjadi tokoh utama kemenangan timnas Indonesia atas Kuwait. Pimpinan Komisi X DPR RI justru berpandangan kemenangan timnas Indonesia andil seluruh pihak.

"Wah, saya nggak mau komentar pribadi orang. Yang saya lihat timnas menang ya artinya semua punya andil, ya atlet, pelatih, PSSI, manajer, ini team work," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf kepada wartawan, Kamis (9/6/2022).

"Negara mau mengakui juga boleh, yang penting mari kita nikmati dulu kemenangan ini dan menjadi perkuatan selanjutnya," ujarnya.

Menurut Dede, kemenangan punggawa Garuda di lapangan hijau bukan karena segelintir orang. Dede mengapresiasi seluruh kerja keras tim sehingga Kuwait bisa ditundukkan.

"Pemain aja ada 11, belum yang di bangku cadangan. Kecuali bermain sendirian," ujar Dede.

PSSI sebelumnya mengungkap sosok di luar lapangan yang punya andil dalam kemenangan timnas Indonesia atas Kuwait. Tak lain tak bukan adalah Iwan Bule, sang ketua umum.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan ini merupakan sejarah, yakni pecahnya rekor 42 tahun Indonesia tak pernah menang atas Kuwait.

Sebelumnya, timnas Indonesia dan Kuwait cuma pernah bertemu sebanyak enam kali. Dari enam pertemuan itu, timnas Indonesia cuma pernah menang sekali 2-1 yang terjadi di ajang Turnamen Merdeka pada 19 Oktober 1980.

PSSI dalam ulasannya yang ditayangkan di laman resmi mereka, menyebut bahwa kemenangan itu ada andil dari Iriawan selaku Ketua Umum PSSI. Kemenangan itu tak terjadi begitu saja, melainkan karena kebijakan-kebijakan strategis yang diambil Iwan Bule sebagai Ketua PSSI.

"Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!. Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang," tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun' di situs resminya.

"Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara. Yakni final SEA Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA Games 2022," lanjut tulisan itu.

Simak video 'Alasan PSSI Klaim Iwan Bule di Balik Kemenangan Indonesia Atas Kuwait':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT