ADVERTISEMENT

Komisi IX DPR Ingatkan Pemerintah Kasus COVID RI Naik Lagi: Jangan Lengah!

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 07:20 WIB
Emanuel Melkiades Laka Lena
Foto: Emanuel Melkiades Laka Lena. (detikcom).
Jakarta -

Kenaikan kasus virus Corona terjadi selama tiga hari ini. Komisi IX DPR RI meminta pemerintah dan masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Pemerintah dan masyarakat diharapkan tetap disiplin jalankan protokol kesehatan, vaksinasi sesuai jadwal dan tetap perkuat testing tracing," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena saat dihubungi, Kamis (9/6/2022).

Ia mengatakan saat ini semua pihak diharapkan tidak lengah. Terlebih menurutnya saat ini potensi kenaikan masih dapat mungkin terjadi.

"Kita semua unsur masyarakat maupun pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota sampai tingkat desa kelurahan jangan lengah, terus waspadai potensi kenaikan kasus yang masih mungkin terjadi," tuturnya.

Melki menuturkan trend kenaikan saat ini perlu direspon oleh pemerintah secara bijak. Menurutnya hal ini perlu dilakukan sebelum kebijakan menuju endemi dilakukan.

"Trend kenaikan ini harus diwaspadai dan direspon dengan bijak, sebelum kebijakan transisi pendemi menuju endemi diberlakukan," ujarnya.

Diketahui, Satgas COVID-19 mengungkapkan kenaikan kasus virus Corona selama tiga pekan terakhir. Satgas pun mewaspadai kenaikan kasus ini.

"Menjadi perhatian bahwa terdapat kenaikan pada tren kasus positif selama tiga minggu terakhir, dan kasus aktif selama 4 hari terakhir. Dilihat pada grafik kasus positif mingguan, terjadi kenaikan 571 atau 31 persen dari kasus tanggal 22 Mei 2022, dari 1.814 menjadi 2.385 kasus mingguan," ucap juru bicara COVID-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Rabu (8/6/2022).

"Kemudian pada kasus aktif terjadi kenaikan 328 atau 10 persen dari kasus aktif tanggal 2 Juni 2022, yaitu 3.105 menjadi 3.433 kasus aktif harian," katanya.

Wiku menyebut angka itu menjadi penting untuk diwaspadai. Wiku menambahkan bahwa Indonesia berhasil mempertahankan kasus tetap stabil dalam beberapa bulan terakhir.

Simak Video 'Luhut Sarankan Jokowi Agar RI Tak Buru-buru Masuk Endemi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT