ADVERTISEMENT

Pamen TNI AL Desersi 3 Bulan, Terancam Sanksi Bui dan Dipecat!

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 12:43 WIB
Letkol AS, perwira TNI AL yang ditangkap karena dersersi
Foto: Letkol AS, perwira TNI AL yang ditangkap karena desersi. (dok. Puspom TNI)
Jakarta -

TNI Angkatan Laut (AL) kini memproses hukum Letnan Kolonel (Letkol) AS yang lari meninggalkan tugas kedinasan selama tiga bulan. Perwira menengah itu terancam sanksi pemecatan, selain kurungan.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono), kalau desersi pasti proses hukum pidana. Hukumannya nanti hakim yang akan memutuskan," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono saat dihubungi, Kamis (9/6/2022).

"Kita lihat proses yang berjalan. Kalau memang memenuhi untuk dipecat, bisa," imbuh Julius.

Julius menuturkan saat prajurit melanggar etika, aturan dan merusak citra TNI AL, maka sanksi berat akan menanti. Julius menegaskan pihaknya berkomitmen menindak tegas prajurit-prajurit yang bersalah.

Sebelumnya, tim gabungan Puspom TNI melakukan penangkapan kepada perwira menengah TNI AL, Letkol AS yang menjadi DPO karena desersi selama 3 bulan. Kini, Letkol AS terancam hukuman 2 tahun 8 bulan penjara.

Direktur Pembinaan Penegakan Hukum Puspom TNI Kolonel Khoirul Fuad menyebut penangkapan itu terjadi di Desa Sumogawe, Getasan, Kabupaten Semarang pada Selasa (7/6) kemarin. Letkol AS ditangkap di rumah kontrakannya.

Letkol AS ditangkap sendiri saat berada di rumahnya. Fuad, juga menyebut bila penampilan Letkol AS sudah berubah dibanding sebelum dirinya dinyatakan desersi. Selain itu, Letkol AS juga diduga berusaha mengelabui POM TNI dengan merubah pelat nomor mobilnya.

Letkol AS sendiri merupakan perwira menengah TNI AL yang bertugas di Surabaya. Kini kasus tersebut tengah didalami oleh POM AL Lantamal V Surabaya.

"Kalau sesuai undang-undang KUHPM, Kitab Undang-undang Pidana Militer itu kalau desersi sesuai pasal 87 ancaman hukumannya 2 tahun 8 bulan," pungkasnya.

Simak juga 'Dipecat dari TNI, Kolonel Priyanto Akan Dibui di Penjara Sipil':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT