ADVERTISEMENT

Waket MPR Inisiasi Kemitraan Riset Teknologi antara UNM & UoN Uk

Ahlu Dzikri Al Hamidi - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 11:30 WIB
Waket MPR dan UNM dan UoN UK
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menginisiasi penjajakan kemitraan riset berbasis teknologi terutama soal energi terbarukan antara Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan University of Nottingham, United Kingdom (UoN UK).

"Saya memiliki mimpi dan harapan serta tujuan besar atau goals yang harus terwujud mengapa saya sangat berusaha inisiasi proses kemitraan itu yakni, dengan terwujudnya kemitraan itu maka nama UNM akan semakin berkibar, kualitas UNM semakin diakui karena sudah menjadi go internasional selevel dengan universitas-universitas top dunia," kata Syarief dalam keterangannya, Kamis (9/6/2022).

Hal ini dijelaskan oleh Syarief saat mengisi acara Diskusi Ilmiah Interaktif bersama civitas academica UNM di Ruang Sidang Senat, Lantai 14, Gedung UNM, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (8/6).

Tujuan utamanya, lanjut Syarief, jika UNM sudah mendunia, maka akan menjadi tujuan warga dunia untuk menuntut ilmu dan semakin mempermudah mahasiswa UNM menempuh studi lanjutannya di luar negeri, terutama ke UK.

Politisi senior Partai Demokrat ini mengungkapkan sebelumnya ia pernah berbincang dengan pihak UoN UK soal riset yang menjadi concern mereka. Ternyata, riset berbasis teknologi seputar Energi Baru Terbarukan (EBT), yang sangat dikuasai dan menjadi keahlian salah satu universitas ternama di UK itu.

Bahkan, bersama University of Warwick, Coventry University, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB), University of Nottingham telah menjalin kemitraan riset berbasis teknologi melalui program UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences (UKICIS).

"Mendengar itu saya gembira sebab, Sulawesi Selatan memiliki banyak sumber kekayaan alam yang bisa menjadi sumber energi terbarukan jika dikelola dengan baik. Terkait kemitraan riset dengan kampus, saya mendorong mereka untuk memperluas jangkauan kerja sama, dengan menggandeng perguruan tinggi di Sulsel salah satunya UNM. Ternyata pihak mereka antusias mendengar penjelasan saya dan langsung membuat agenda kunjungan ke Sulsel dan UNM," ujar Syarief.

Lebih lanjut, Syarief mengatakan pertemuan pertama antara UNM dan UoN UK saat ini hanya sebuah titik awal. Di bulan November 2022, UoN UK rencananya akan melakukan kunjungan berikutnya, untuk lebih mengerucutkan lagi ke tahap terwujudnya menuju kemitraan yang saling menguntungkan.

"Untuk itu saya titip pesan kepada Bapak Rektor dan seluruh keluarga besar UNM, agar kesempatan ini bisa dipergunakan sebaik-baiknya, agar perguruan tinggi kebanggaan rakyat Sulsel ini semakin maju," ujarnya .

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNM memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Syarief Hasan yang telah berupaya sedemikian rupa untuk memajukan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini.

Hadir juga sebagai narasumber Rektor UNM Prof. Dr. Ir. Husain Syam serta perwakilan University of Nottingham antara lain, Dr. Bagus P Muljadi, Dr. Lousie Walker dan David Ouchterlonie.

Simak juga 'Jokowi Optimistis Harga Mobil Listrik Bakal Murah Seiring Berkembangnya Teknologi':

[Gambas:Video 20detik]




(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT