Ada 10 Kursi Wamen Kosong di Tengah Isu Reshuffle 15 Juni, Buat Siapa?

ADVERTISEMENT

Ada 10 Kursi Wamen Kosong di Tengah Isu Reshuffle 15 Juni, Buat Siapa?

Zhacky - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 17:58 WIB
Ilustrasi kursi kosong
Ilustrasi kursi kosong (iStock)
Jakarta -

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju diisukan bakal dilakukan pada 15 Juni 2022. Dan saat ini ada 10 kursi wakil menteri (wamen) yang kosong. Jika benar ada reshuffle 15 Juni, apakah untuk mengisi 10 kursi wamen yang kosong itu?

Sejak tahun lalu, Presiden Jokowi 'gemar' menerbitkan perpres yang isinya mengatur posisi wamen. Beberapa posisi wamen sudah terisi, namun ada 10 yang hingga kini masih tak berpenghuni.

Sedari 2021, sebelum maupun sesudah PAN resmi masuk koalisi pemerintah, isu reshuffle mulai kencang berembus. Namun sampai saat ini reshuffle tak kunjung terjadi.

Sebelum atau setelah PAN masuk koalisi, Presiden Jokowi juga beberapa kali menerbitkan perpres yang mengatur tentang posisi wamen, yang hampir ada di seluruh kementerian.

Sampai saat ini ada 10 pos wamen yang lowong. Berikut rinciannya:

1. Wakil Menteri Sosial
2. Wakil Menteri ESDM
3. Wakil Menteri Investasi
4. Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas
5. Wakil MenPAN-RB
6. Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
7. Wakil Menteri Koperasi dan UKM
8. Wakil Menteri Perindustrian
9. Wakil Menteri Ketenagakerjaan
10. Wakil Menteri Dalam Negeri

Terkait isu reshuffle, Presiden Jokowi, Mensesneg Pratikno, hingga elite-elite parpol koalisi pemerintah sudah menjawab isu reshuffle. Namun tak satu pun dari mereka yang membenarkan isu reshuffle 15 Juni ini.

"(Tanya) balapan sampai reshuffle. Balapan sajalah," kata Jokowi menjawab pertanyaan media di kawasan sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6).

"Balapan baru selesai," ujar Jokowi menjawab pertanyaan media, di kawasan sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6).

Presiden Jokowi hingga Mensesneg Pratikno tak lugas ada atau tidak reshuffle pada 165 Juni ini. Namun Mensesneg berjanji bakal memberi bocorannya jika benar-benar ada perombakan kabinet.

"Sempat dengar," kata Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada detikcom menjawab pertanyaan soal kabar reshuffle kabinet 15 Juni, Selasa (7/6/2022).

Terkini ada pernyataan dari Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dasco menyebut Gerindra menunggu arahan Presiden Jokowi.

"Saya mendengar dari sumber Istana tidak," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

"Apakah kemudian itu berlangsungnya reshuffle atau tidak, saya pikir itu kita tunggu saja karena kewenangan daripada Presiden," imbuhnya.

(zak/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT