ADVERTISEMENT

Kadivkum Polri Jadi Calon Anggota Komnas HAM, Polri: Kemauan Sendiri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 12:47 WIB
Ilustrasi Mabes Polri
Foto: Ilustrasi Mabes Polri (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kadivkum Polri Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto masuk dalam calon anggota Komnas HAM. Polri menjelaskan perihal majunya Irjen Remigius menjadi calon anggota Komnas HAM.

"Pertama, bahwa semua adminsitrasi itu yang menentukan pansel (panitia seleksi). Di persyaratan administrasi di pansel itu disebutkan, calon anggota komisioner Komnas HAM itu dari unsur ya TNI, Polri, jaksa, hakim, dan memang orang-orang yang pengalaman tugas di bidang penegakan hukum, jadi boleh," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

"Prosedurnya tentunya, nanti kalau beliau misalnya terpilih, nanti tentunya di akhir akan mengundurkan diri kalau belum pensiun," imbuh Dedi.

Polri, kata Dedi, yakin proses seleksi calon anggota Komnas HAM berjalan secara profesional. Para calon, termasuk dari latar belakang polisi, harus memenuhi syarat yang ketat.

"Nggak ada (kekhawatiran), semuanya itu profesional. Ada persyaratan-persyaratan yang harus ditaati oleh semua komisioner Komnas HAM, harus. Regulasinya sudah lengkap," ujarnya.

Dedi memastikan majunya Irjen Remigius menjadi calon anggota Komnas HAM tak mewakili Polri. Irjen Remigius, kata Dedi, maju karena keinginan sendiri atas dasar kemampuannya.

"Nggak ada, personal, karena memang itu kemauan yang bersangkutan sendiri karena kapasitasnya dan kompetensinya yang bersangkutan yg 30 tahun berdinas sebagian besar di bidang penegakan hukum," imbuhnya.

Pansel Komnas HAM sebelumnya meluluskan 50 calon anggota Komnas HAM 2022-2027. Sejumlah nama yang kerap menghiasi media telah lolos.

"Berdasarkan penilaian terhadap hasil tes tertulis, termasuk penilaian makalah oleh pembaca independen, Panitia Seleksi telah memeriksa dan memutuskan 50 orang pendaftar calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027 yang lolos seleksi tes tertulis," demikian bunyi siaran pers Komnas HAM yang dilansir website-nya, Jumat (27/5).

Simak selengkapnya nama-nama 50 orang yang lolos seleksi tertulis Komnas HAM di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Video Fahri Calon Bintara Gagal Saat Tes Buta Warna Diungkap':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT