Kronologi Buron Kasus Bansos Kabur dari Jepang hingga Ditangkap di RI

ADVERTISEMENT

Kronologi Buron Kasus Bansos Kabur dari Jepang hingga Ditangkap di RI

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 11:09 WIB
Mitsuhiro Taniguchi (Metropolitan Police Department Japan)
Foto: Mitsuhiro Taniguchi (Metropolitan Police Department Japan)
Jakarta -

Polri menangkap buron Jepang, Mitsuhiro Taniguchi di Lampung Tengah. Mitsuhiro Taniguchi kabur dari Jepang sejak Oktober 2020.

Dilansir dari surat kabar Asahi Shimbun, Rabu (8/6/2022) Mitsuhiro Taniguchi masuk daftar buronan internasional oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo karena dicurigai menerima subsidi pemerintah dengan cara curang untuk usaha kecil yang berjuang di tengah pandemi COVID-19. Jumlah total subsidi yang diterima diperkirakan mencapai 960 juta yen ($7,38 juta) atau setara Rp 105 miliar.

Diketahui, aksi penipuan bansos COVID-19 sudah terendus sejak 2020 hingga akhirnya Mitsohiro kabur ke Indonesia. Berikut ini rangkaian waktu kaburnya Mitsuhiro dari Jepang hingga tertangkap di Lampung Tengah.

Agustus 2020: Pengajuan Aplikasi Subsidi Palsu

Penyidik menjelaskan bahwa seorang pria yang berbicara dengan Taniguchi sekitar Agustus 2020, dua bulan sebelum keberangkatannya dari Jepang, mengatakan tersangka telah berulang kali mengajukan permohonan subsidi palsu dengan berkolusi dengan kenalannya.

Oktober 2020: Kabur ke Indonesia

Berdasarkan investigasi, keberadaan Taniguchi tetap tidak diketahui setelah ia meninggalkan Jepang ke Indonesia pada Oktober 2020.

Kapan kelompok Taniguchi ditangkap? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak juga 'Risma Sebut Honor Korda Pendamping Bansos Sudah Dibayar':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT