ADVERTISEMENT

Kabar Baik soal PPKM Saat Tersisa Cuma 1 Daerah PPKM Level 2

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 17:57 WIB
ilustrasi ppkm
Foto: Infografis detikcom/Denny
Jakarta -

Perpanjangan PPKM di Indonesia kali ini membawa kabar baik di tengah proses transisi dari pandemi jadi endemi. Saat ini, PPKM level 2 di Indonesia hanya tersisa di 1 daerah.

Seluruh daerah di Jawa-Bali yakni 128 kabupaten/kota berada di PPKM Level 1. Sementara di luar Jawa-Bali tak ada daerah yang masuk PPKM level 3 dan 4.

Untuk daerah di luar Jawa Bali, 385 kabupaten/kota berada di PPKM Level 1, dan hanya 1 kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Bintuni yang masih berada di Level 2. Tidak ada kabupaten/kota baik di Jawa Bali dan di Luar Jawa Bali yang berada di Level 3 dan Level 4.

Kabar baik ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Jawa Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Luar Jawa Bali. Ketentuan ini berlaku mulai tanggal 7 Juni 2022 hingga tanggal 4 Juli 2022.

Ada pula relaksasi kebijakan terhadap pembatasan pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Pintu masuk perjalanan luar negeri yang dibuka yaitu

  • Bandara Soekarno Hatta
  • Bandara Juanda
  • Bandara Ngurah Rai
  • Bandara Hang Nadim
  • Bandara Raja Haji Fisabilillah
  • Bandara Sam Ratulangi
  • Bandara Zainuddin Abdul Madjid
  • Bandara Kualanamu
  • Bandara Sultan Hasanuddin
  • Bandara Internasional Yogyakarta.

Selain itu, turut diatur penentuan gerbang perjalanan udara bagi jamaah haji yang menunaikan ibadahnya di tahun ini. Selanjutnya juga ditambahkan 6 bandara yang dibuka pada tanggal 4 Juni-15 Agustus 2022 sebagai pintu masuk untuk WNI yang melaksanakan ibadah haji yaitu Bandara Sultan Iskandar Muda, Bandara Minangkabau, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Adisumarmo, Bandara Syamsudin Noor, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Kabar baik soal PPKM ini tentu saja menumbuhkan harapan-harapan baru bagi Indonesia. Bagaimana dengan pembaca detikcom, apa harapanmu untuk Indonesia yang kini dalam transisi menyambut endemi?

Yuk ceritakan harapanmu untuk Indonesia!

Ada program Giveaway Serempak, nih! Dengan menceritakan harapanmu untuk Indonesia, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih jutaan Rupiah. Caranya gampang, kamu cukup klik LINK ARTIKEL INI dan ceritakan harapanmu untuk Indonesia di kolom komentar artikel tersebut.

Ajak teman-temanmu yang lain juga ya!

(imk/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT