Aturan Lepas Masker: Kapan dan di Mana Boleh Tak Pakai?

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 18:18 WIB
Aturan lepas masker di ruang terbuka telah diumumkan oleh pemerintah. Meskipun sudah longgar, ada hal-hal penting soal penggunaan masker yang perlu diketahui.
Aturan Lepas Masker: Kapan dan di Mana Boleh Tak Pakai? (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Aturan lepas masker di ruang terbuka telah diumumkan oleh pemerintah. Meskipun aturan sudah longgar, ada hal-hal penting soal penggunaan masker yang perlu diketahui.

Jadi, kapan dan di mana saja boleh tidak pakai masker? Cek ulasannya di bawah ini.

Aturan Lepas Masker: Lokasi Diperbolehkan

Pemerintah melalui aturan pelonggaran penggunaan masker mengizinkan masyarakat lepas masker saat berada di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang. Aturan tersebut merupakan kebijakan baru dalam penggunaan masker di masa endemi.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan, atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ungkap Presiden Jokowi.

Namun bagi kegiatan masyarakat di ruangan tertutup atau dalam ruangan dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker selama beraktivitas.

"Kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Jokowi.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi, aturan lepas masker dan syarat perjalanan terbaru merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi ke endemi. Pemerintah akan terus memantau kondisi ke depannya, di mana relaksasi lain akan dilakukan apabila kondisi semakin membaik.

Kapan Boleh Tak Pakai Masker? Perhatikan Situasinya

Masyarakat bisa lepas masker di outdoor apabila dalam keadaan kondisi tubuh yang sehat. Sedangkan bagi beberapa kategori masyarakat dan dalam kondisi tidak sehat, aturan lepas masker tidak berlaku.

Mengutip dari pernyataan Jokowi, ada kategori masyarakat yang tidak diperbolehkan lepas masker selama melakukan aktivitasnya. Kategori itu antara lain:

  • Masyarakat usia rentan atau lansia,
  • Masyarakat yang memiliki komorbid

Kedua kategori masyarakat tersebut, tetap disarankan menggunakan masker saat beraktivitas di indoor dan outdoor.

Demikian juga masyarakat yang sedang mengalami gejala batuk dan pilek, aturan lepas masker tidak berlaku. Mereka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengumumkan aturan lepas masker saat salah berjamaah. Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam, menjelaskan bahwa jamaah dalam kondisi sehat diperbolehkan untuk melepas masker.

"Seiring dengan pelonggaran protokol kesehatan yang kembali ditetapkan pemerintah, maka pelaksanaan salat bagi masyarakat muslim yang sehat sudah tidak memakai masker lagi. Dan usai salat, jika berada di ruang publik, perlu menyesuaikan," kata Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan pers, Selasa (17/5/2022).

Demikian aturan lepas masker yang sudah diberlakukan oleh pemerintah. Jangan lupa disimak ya.

Simak Video 'Mulai Hari Ini Sudah Boleh Lepas Masker di Luar Ruangan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)