ADVERTISEMENT

Mega Sindir Hasto Minta Bocoran Pertanyaan Sidang Doktor, tapi Ditolak

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 17:38 WIB
Suasana sidang promosi doktor Sekjen PDIP Hasto di Unhan (Wilda-detikcom)
Suasana sidang promosi doktor Sekjen PDIP Hasto di Unhan. (Wilda/detikcom)
Bogor -

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bercerita Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta bocoran pertanyaan yang akan disampaikan saat sidang terbuka promosi doktor. Megawati pun menolak membocorkannya ke Hasto.

"Nah sekarang pertanyaannnya, jadi Hasto tanya ke saya 'Bu nanti pertanyaannya apa?'. Lho kok kamu nanya, itu namanya kolusi," kata Megawati saat menjadi penguji sidang terbuka promosi doktor Hasto Kristiyanto di Universitas Pertahanan (Unhan) Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Jawaban Megawati itu disambut gelak tawa hadirin. Megawati mengakui Hasto tengah pusing karena mengurus disertasi ini. Megawati meminta Hasto fokus pada disertasinya dan melupakan dulu urusan partai.

"Rupanya sudah pusing, jadi waktu satu bulan ini saya sudah tidak mau mengganggu, biasanya tiap hari laporan partai dan sebagainya. Saya sekarang juga diam saja, saya bilang biarin dulu lepas pada tanggal 6 Juni, yaitu pada hari ini," kata Megawati.

Megawati mengatakan Hasto sering mengajak diskusi tentang judul disertasinya itu. Megawati saat itu menyarankan Hasto menggunakan cara berpikir Sukarno agar bisa berhasil.

"Intinya saya bilang pada Pak Hasto, 'Jadi bagaimana, Bu?' Ya jangan tanya saya, kamu yang musti mikir, gampang to. Buang itu teori lain, begitu saya bilang, 'Jadi maksudnya, Bu?'. Kamu pikir cara berpikir satu-satunya ya Bung karno, kalau kamu tidak pegang itu kamu tidak akan berhasil menurut saya," kata Megawati.

"Lalu berikutnya geopolitik itu menurut saya hanya sebuah implementasi dari Pancasila, kamu bisa tidak blending itu dan betul-betul diolah tentunya dari sisi teori yang akan nanti kamu presentasikan dan kalau mungkin kamu harus pertahankan," sambung Megawati.

Sebelumnya, Megawati dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri sidang terbuka promosi gelar doktor Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Universitas Pertahanan (Unhan), Bogor. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir.

Pantauan di lokasi, Megawati datang bersama putranya, Prananda Prabowo. Sedangkan Prabowo datang bersama para menteri lainnya.

Megawati terlihat mengenakan toga karena akan bertindak sebagai salah satu penguji disertasi Hasto. Sedangkan Prabowo terlihat mengenakan setelan jas warna abu-abu.

Mendagri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Mendikbud Nadiem Makarim, dan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono juga hadir dalam acara ini. Menkumham Yasonna Laoly dan Kepala BIN Budi Gunawan juga hadir.

(whn/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT