ADVERTISEMENT

PM Baru Australia Kunjungi Jokowi, Diajak Gowes Bareng di Istana Bogor

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 10:48 WIB
Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese
Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kunjungan ini merupakan yang pertama usai Albanese terpilih menjadi PM Australia.

Upacara penyambutan Albanese di Istana Bogor disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/5/2022). Penyambutan dimulai sejak rangkaian rombongan Albanese masuk Istana.

Setelah tiba di halaman Istana Bogor, Albanese disambut langsung oleh Jokowi. Keduanya bersalaman dan tampak berbincang hangat.

Selanjutnya Jokowi dan Albanese mengikuti upacara penyambutan. Lagu kebangsaan kedua negara juga dilantunkan di upacara penyambutan itu.

Setelah upacara selesai, Jokowi dan Albanese saling mengenalkan delegasi yang hadir dalam pertemuan tersebut. Hadir dalam pertemuan itu Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita hingga Menteri Perdagangan M Lutfi.

Barulah kemudian Jokowi dan Albanese memasuki Istana Bogor dan berfoto bersama. Setelah itu, Albanese mengisi buku tamu Istana Bogor.

Usai berbincang di beranda Istana, Jokowi dan Albanese menanam pohon bersama di halaman belakang Istana Bogor. Pohon yang ditanam kedua pemimpin tersebut adalah pohon kamper.

Jokowi dan Albanese lalu bersepeda bersama menuju Kebun Raya Bogor. Kedua pemimpin negara itu bersepeda menggunakan sepeda kayu.

Setelah memasuki kawasan Kebun Raya Bogor, Jokowi dan Albanese turun dari sepeda dan mendorongnya. Keduanya berbincang sambil berjalan menuju Resto Rasa Kebun Raya Bogor.

Kunjungan Albanese ke Indonesia juga sebelumnya disampaikan oleh pemerintah Australia lewat pernyataan resminya. Sejumlah topik bakal dibahas dalam pertemuan Jokowi dan Albanese.

"Dalam Rapat Pimpinan Tahunan, Perdana Menteri dan Presiden Widodo akan membahas perdagangan dan investasi bilateral, kerja sama di bidang iklim dan energi, serta kepentingan regional dan global. Hal yang penting dalam kunjungan ini adalah keinginan kedua belah pihak untuk membuka potensi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia, termasuk untuk meneruskan dana infrastruktur dan iklim yang diusulkan Pemerintah sebesar A$200 juta dengan Indonesia," demikian keterangan dari pemerintah Australia dalam keterangan tertulis, Minggu (5/6).

Di Jakarta, Albanese juga akan bertemu dengan Sekretaris-Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi untuk membahas komitmen Pemerintah terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.

"Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat kami, itulah sebabnya saya berkomitmen untuk berkunjung secepatnya. Kedua negara kita memiliki sejarah panjang kerja sama dan persahabatan, dan Pemerintahan saya akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam hal ini. Kami bermitra erat dalam isu-isu perdagangan, pembangunan, pendidikan, dan keamanan wilayah," tutur Albanese.

Albanese berharap kunjungannya ke Indonesia dapat membangun hubungan kerja sama yang lebih jauh.

"Selama kunjungan ini, saya berharap dapat membangun hubungan kita lebih jauh, termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan kita dan mempromosikan kerja sama di bidang iklim, infrastruktur dan energi," ujarnya.

Lihat juga video 'Perdana Menteri Australia dari Partai Buruh Dilantik, Ingin Perangi Perubahan Iklim':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT