Tentang Kehadiran Luhut di Silatnas Koalisi Golkar-PPP-PAN

ADVERTISEMENT

Tentang Kehadiran Luhut di Silatnas Koalisi Golkar-PPP-PAN

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 11:49 WIB
Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi turut hadir di Silahturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu. Luhut dan Budi Arie duduk sejajar dengan para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Bersatu.
Luhut B Pandjaitan dan Budi Arie menghadiri silaturahmi nasional KIB. (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan turut hadir di acara silaturahmi nasional (silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dideklarasikan oleh Partai Golkar, PAN, dan PPP. Golkar menyebut kehadiran Luhut sebagai ketua dewan penasihat sekaligus politikus senior.

"Pak Luhut Binsar Pandjaitan kan sebagai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar. Beliau diundang sebagai senior Partai Golkar," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Minggu (5/6/2022).

Di acara tersebut, Luhut tampak tak mengenakan atribut Golkar seperti elite lainnya. Luhut terlihat mengenakan kemeja berkelir nuansa kuning.

"Beliau pakai batik kekuning-kuningan, he-he-he...," ujar Ace saat ditanya soal Luhut tak pakai atribut partai.

Lebih lanjut, Ace mengatakan ada juga senior partai di poros KIB lainnya yang tak mengenakan atribut resmi partainya. "Ada juga (senior parpol lain) yang tidak pakai atribut resmi," katanya.

Ace menuturkan bukan hanya Luhut yang hadir di acara silatnas KIB, Sabtu (4/6) malam. Sejumlah senior Golkar juga hadir, antara lain Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, dan Ketua Dewan Pakar Agung Laksono.

Ace kemudian menyebutkan senior partai lain juga hadir di acara tersebut. Mereka adalah politikus senior PAN Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir, Ketua Majelis Kehormatan PPP Zarkasih Nur, dan Ketua Majelis Syariah PPP yang juga Rois Syuriah PBNU KH Mustofa Aqil Siroj.

Ace menyebut munculnya para senior tersebut menandakan pembentukan KIB mendapatkan dukungan dari seluruh komponen ketiga parpol.

"Selain itu, hadir para senior PAN, seperti Pak Hatta Rajasa, Pak Soetrisno Bachir, dan lain-lain. Dari PPP juga hadir tokoh senior PPP, Pak Zarkasih Nur, KH Mustofa Aqil Siroj dan lain-lain," ujarnya.

"Itu artinya soal pembentukan KIB ini mendapatkan dukungan kuat dari seluruh komponen ketiga partai. Kita solid, kompak dan kuat," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi turut hadir di acara silatnas KIB. Luhut dan Budi Arie duduk sejajar dengan para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Bersatu.

"Yang saya hormati dan banggakan sahabat saya, Pak Airlangga, Ketum PAN Pak Zulhas ya, dan seluruh jajarannya termasuk di sini hadir Wakil Menteri Desa dan juga Projo Bapak Budi Arie. Ini berdirinya dekat saya," ujar Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa, Sabtu (4/5).

Sementara itu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto enggan berkomentar terkait kehadiran Budi Arie. Hanya, dia mengatakan KIB punya tahapan sendiri dalam menuju Pilpres 2024 nanti.

Lihat Video: Ketum Projo Muncul di Silatnas KIB: Kami Spesialis Pilpres

[Gambas:Video 20detik]



(fca/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT