ADVERTISEMENT

Lalin Puncak Ramai Lancar, Sistem Oneway Arah Jakarta Berlaku Siang Ini

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 11:44 WIB
Lalin Puncak Ramai Lancar (Muchamad Sholihin-detikcom)
Lalin Puncak ramai lancar. (Muchamad Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Arus lalulintas di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, terpantau ramai lancar sejak pagi hingga menjelang siang ini. Sistem satu arah atau one way hanya akan diberlakukan untuk kendaraan arah Jakarta mulai pukul 11.30 WIB.

"Dapat saya laporkan melalui Simpang Gadog bahwasanya situasi arus lalu lintas menuju Puncak itu dari pagi masih lancar, tidak ada hambatan maupun peningkatan kendaraan," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana saat ditemui di Simpang Gadog, Minggu (5/6/2022).

"Namun kita mengantisipasi wisatawan yang dari hari Jumat dan Sabtu sudah menginap di Puncak, kemungkinan kita mengantisipasi di siang hari dengan memberlakukan sistem one way. Kita laksanakan jam 11.30 WIB untuk kendaraan ke arah Jakarta," tambahnya.

Ketut mengatakan Satlantas Polres Bogor sampai saat ini belum memberlakukan one way sejak pagi. Polisi hanya memberlakukan sistem ganjil genap untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan menuju Puncak pagi tadi.

"Rekayasa lalin tidak kita laksanakan pagi ini, karena seperti saya sampaikan, situasi arus lalin arah Puncak tidak ada peningkatan dan lancar. Kemudian yang sudah kita laksanakan pagi ini adalah genap ganjil, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84, genap ganjil dilaksanakan sejak Jumat sampai Minggu pukul jam 00.00 WIB," kata Ketut.

Pantauan detikcom, arus kendaraan di Simpang Gadog tampak normal di kedua arah. Kendaraan dari arah Jakarta baik via Tol Jagorawi maupun Jalan Raya Ciawi menuju kawasan Puncak ramai lancar. Hambatan arus terjadi di beberapa persimpangan, seperti simpang Megamendung, simpang Pasir Angin, Cipayung, dan Pasar Cisarua.

"Kalau hambatan selalu terjadi di Pasar Cisarua. Karena kan aktivitas masyarakat dari Megamendung, Cisarua, dan pengelola vila kan belanjanya di Pasar Cisarua. Jadi hambatan pasti terjadi di Pasar Cisarua. Namun, untuk mengantisipasi, kita Polres Bogor sudah menempatkan personel agar hambatannya tidak terlalu parah," sebut Ketut.

(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT