ADVERTISEMENT

5 Fakta Formula E Jakarta: Serangan Calo hingga Tak Ada Sampanye

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 06:30 WIB
Penonton di tribun Formula E Jakarta
Penonton di tribun Formula E Jakarta. (Doni Wahyudi/detikoto)
Jakarta -

Formula E Jakarta 2022 sukses digelar. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempersembahkan gelaran Formula E ini untuk Ibu Pertiwi.

Gelaran balap mobil listrik ini dihadiri Presiden Jokowi hingga sejumlah pejabat dan tokoh. Pejabat yang hadir antara lain Menparekraf Sandiaga Uno, Menpora Zainudin Amali, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menaker Ida Fauziah, dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Sementara tokoh-tokoh yang turut hadir di antaranya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Sekjen PAN Eddy Soeparno menyambut. Ada juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Waketum PKB Jazilul Fawaid, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ajang balap mobil listrik ini dimenangkan oleh Pebalap Jaguar Mitch Evans. Jokowi menilai Formula E Jakarta berjalan lancar.

"Ya alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik," kata Jokowi kepada wartawan, di Sirkuit Formula E, Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Jokowi berharap kegiatan menjadi awal pengenalan masyarakat terhadap mobil listrik. Menurutnya saat ini sudah mulai terjadi pergeseran pemakai mobil listrik.

"Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang banyak nanti ke pemakai mobil listrik," ujarnya.

Berikut fakta-fakta selama gelaran Formula E:

Calo Berkeliaran

Calo tiket Formula E berkeliaran di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Polisi turun tangan untuk mengamankan para calo.

Petugas kepolisian melakukan pengecekan ke beberapa orang yang diduga sebagai calo. Anggota kepolisian turut menggeledah saku celana hingga pakaian warga yang diduga calo.

"Kamu calo ya? Jangan macam macam," kata salah seorang petugas kepolisian.

Beberapa orang yang tidak terbukti sebagai calo dilepas polisi. Namun beberapa lainnya yang terbukti langsung diamankan.

Ada sejumlah orang yang diamankan karena terbukti menjadi calo pembelian tiket Formula E. Polisi belum memerinci jumlah pelaku yang sudah diamankan pihaknya.

Selain di Ancol calo juga muncul di kawasan JIExpo yang menjadi lokasi parkir para penonton Formula E. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan pihaknya akan menindak tegas jika didapati adanya calo tiket.

"Sekali lagi sekiranya nanti kami menemukan ada proses atau praktik percaloan pasti akan tindak lanjuti. Tentunya dari panitia juga terus berkoordinasi dengan kami sehingga kita mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan," katanya.

Saksikan Juga Sosok Minggu Ini: Kisah Dedy Delon, Air Mata di Balik Tawa Panglima Badut Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT