ADVERTISEMENT

Kronologi OTT Eks Walkot Yogyakarta Terkait Suap Izin Apartemen

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 16:57 WIB
Eks Walkot Yogyakarta Haryadi Suyuti mengenakan rompi oranye. (Foto: Hanafi/detikcom)
Eks Walkot Yogyakarta Haryadi Suyuti mengenakan rompi oranye. (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK menetapkan eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (HS) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin apartemen. KPK melakukan OTT terhadap Haryadi kemarin. Begini kronologinya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan OTT dilakukan berdasarkan laporan masyarakat. Marwata menyebut dugaan suap ke Haryadi melalui Sekretaris Pribadi Triyanto Budi Yuwono sebagai salah satu orang kepercayaan yang diberikan oleh PT SA Tbk (Summarecon Agung).

"Tim KPK bergegas dan bergerak untuk mengamankan pihak-pihak dimaksud," ujar Marwata, kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

KPK kemudian bergerak mengamankan sejumlah pihak yang diduga melakukan pemberian dan menerima sejumlah uang. Transaksi itu dilakukan dalam bentuk tunai pecahan uang asing.

Marwata mengatakan transaksi itu dilakukan di Rumah Dinas Jabatan Walikota Yogyakarta dan diterima Triyanto. Uang itu diberikan oleh Vice President Real Estate PT SA Tbk, Oon Nusihono.

"Adapun beberapa pihak termasuk bukti sejumlah uang yang diamankan di wilayah Kota Yogyakarta di antaranya Haryadi, Kepala Dinas Penanaman Modal; serta PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana, Triyanto, dan Oon. Sedangkan di wilayah Jakarta, diamankan beberapa staf dari PT SA Tbk," paparnya.

KPK kemudian membawa Haryadi dkk ke Gedung Merah Putih KPK di Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan. Dari OTT ini, KPK menyita uang USD 27.258 ribu yang di kemas dalam tas goodiebag.

Ada empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Ini daftarnya:

Pemberi

1. Oon Nusihono Vice President Real Estate PT SA Tbk,

Penerima

1. Haryadi Suyuti Walikota Yogyakarta periode 2017 s/d 2022.
2. Nurwidhihartana, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta.
3. Triyanto Budi Yuwono, Sekretaris Pribadi merangkap ajudan HS.

Simak video 'Penjelasan KPK soal OTT Eks Walkot Yogyakarta Haryadi Suyuti':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT