ADVERTISEMENT

Eks Wali Kota Yogyakarta Ditahan KPK!

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 16:29 WIB
Eks Walkot Yogyakarta Haryadi Suyuti mengenakan rompi oranye. (Foto: Hanafi/detikcom)
Eks Walkot Yogyakarta Haryadi Suyuti mengenakan rompi oranye. (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK menahan tersangka kasus suap eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (HS). Haryadi Suyuti ditahan setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK terkait dugaan suap pengurusan izin apartemen di Yogyakarta.

Pantauan detikcom di gedung KPK, Jakarta, pukul 16.00 WIB, Jumat (3/6/2022), Haryadi terlihat mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye dengan tangan terborgol. Bersama Haryadi, terlihat tiga orang yang juga tertangkap dalam OTT mengenakan rompi tahanan KPK.

KPK pun akan segera mengumumkan status tersangka Haryadi dan tiga orang lainnya dalam konferensi pers. Selain itu, KPK akan mengumumkan status penahanan Haryadi dkk.

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti pada Kamis (2/6). KPK menduga Haryadi Suyuti terlibat dalam suap perizinan pendirian apartemen di wilayah Yogyakarta.

"Tangkap tangan oleh tim KPK ini diduga terkait tindak pidana korupsi berupa suap perizinan pendirian bangunan apartemen di wilayah Yogyakarta," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Dalam OTT tersebut, penyidik KPK juga menyita sejumlah barang bukti berupa pecahan mata uang asing dan dokumen.

"Turut pula diamankan sejumlah bukti antara lain dokumen dan uang dalam pecahan mata uang asing yang jumlahnya masih terus dikonfirmasi kepada pihak yang ditangkap," tambah Ali.

Ali menambahkan, dalam OTT ini, ada sembilan orang yang diamankan, termasuk Haryadi Suyuti. Selain Haryadi, KPK mengamankan kesembilan orang yang terdiri atas unsur pejabat Pemkot Yogyakarta hingga pihak swasta.

"Sejauh ini, KPK telah mengamankan setidaknya sembilan orang di Yogyakarta dan di Jakarta," ungkapnya.

"Terdiri atas unsur swasta dan beberapa pejabat Pemkot Yogyakarta, termasuk wali kota periode 2017-2022," sambungnya.

Simak video 'Pemkot Yogyakarta: 4 ASN Juga Diamankan KPK Bersama Suyuti':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT