Tangsel Berangkatkan 617 Jemaah Haji, 33 Orang Ditunda

ADVERTISEMENT

Tangsel Berangkatkan 617 Jemaah Haji, 33 Orang Ditunda

Khairul Ma'arif - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 15:39 WIB
Jemaah haji di Masjidil Haram
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Tangerang Selatan -

Sebanyak 617 anggota jemaah haji dari Kota Tangerang Selatan siap berangkat. Kemenag Tangsel mengatakan awalnya ada 650 orang, namun 33 orang minta ditunda.

Kepala Kemenag Tangsel Dedi Mahfudin mengatakan jemaah haji mayoritas mengundurkan diri karena beberapa faktor. Termasuk karena batasan usia.

"Yang berangkat itu 617. Awalnya 650, nah jadinya finalnya 617. Kenapa berkurang? Karena ada yang tidak berangkat karena suaminya tidak berangkat istrinya berangkat itu sih hubungan keluarganya penyebab salah satunya jadi mereka ikut-ikutan tidak berangkat pending tahun depan," kata Dedi saat dihubungi, Jumat (3/6/2022).

Untuk diketahui, Saudi membatasi usia jemaah haji maksimal 65 tahun. Jemaah yang menunda berharap tak ada pembatasan di haji tahun berikutnya.

"Kalau sekarang kan usia 65 tahun ke atas tidak bisa berangkat. Itu kan regulasi Arab. Nah kan ada nih pasangan pasutri yang suaminya 65 atau 66 istrinya masih 63 atau 64 istrinya berangkat suaminya enggak. Akhirnya karena kekasih dunia akhirat nunggu tahun depan siapa tau ada regulasi baru dari Arab. Maksudnya mereka biar bareng tahun depan siapa tau ada regulasi baru di Arab," ujar Dedi.

"Mengundurkan keberangkatannya. Kalau membatalkan keberangkatan berarti tidak bisa berangkat lagi dibatalin diambil uangnya. Kalau ini mah kan mundur tahun depan siapa tahu suaminya bisa berangkat tahun depan jadi dia juga berangkat. Mengundurkan keberangkatannya karena pribadi," lanjut Dedi.

Dedi menambahkan, para jemaah haji di Tangsel diwajibkan menjalani vaksin COVID-19 minimal dua dosis. Selain itu, diwajibkan suntik vaksin meningitis.

"Sebelum berangkat harus di PCR sebelum 72 jam sebelum berangkat jamaah harus udah PCR. Kalau positif tidak bisa berangkat ter-pending lagi. Tapi, semoga aja negatif semua. Itu (jadwal PCR Tangsel) tanggal 9 Juni. Satu hari sebelum masuk asrama haji," jelasnya.

Lihat juga video '352 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama di Solo Diberangkatkan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT