ADVERTISEMENT

Touring Komunitas Ferrari Disebut Mampu Beri Multiplier Effect Ekonomi

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 12:56 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi perjalanan 20 tahun komunitas Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI). Ia mengatakan para anggota FOCI yang berasal dari kalangan atas dan juga jetset merupakan bagian tak terpisahkan dari penggerak roda perekonomian bangsa.

Menurutnya, perputaran uang komunitas ini saat melakukan touring maupun gathering terbilang cukup besar. Bahkan bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

"Untuk setiap kegiatan touring maupun gathering yang dilaksanakan, memberikan multiplier effect economy yang cukup besar terhadap lokasi setempat. Dari mulai jasa kuliner, penginapan, merchandise, hingga penyedia oleh-oleh merasakan dampaknya," jelas Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jumat (3/6/2022).

Ia menerangkan kegiatan berkumpul bersama sahabat yang memiliki kesamaan hobi ini juga bisa menguatkan soliditas kebangsaan. Mengingat, setelah keluarga, komunitas merupakan bagian inti dari penopang keutuhan dan kedaulatan sebuah bangsa.

"Selama 20 tahun perjalanannya, FOCI juga telah menjadi bagian dari keluarga besar IMI dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara dan berlalu lintas. Walaupun memiliki mobil dengan harga mencapai miliaran rupiah, tidak lantas menjadikan para anggota FOCI arogan di jalan raya," ujarnya.

Bamsoet mengatakan sejatinya jalan raya merupakan milik bersama. Sehingga, keselamatan berkendara dan berlalu lintas setiap pengendara bukan hanya berguna bagi dirinya pribadi, melainkan juga bagi pengguna jalan raya lainnya.

"Mau semahal apapun kendaraan, jika tidak tertib berkendara dan berlalu lintas, tetap nyawa yang akan menjadi taruhannya," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Bamsoet mengungkap FOCI tak hanya sekadar menjadi tempat berkumpul dari keluarga pemilik kendaraan Ferrari saja. Tapi juga ikut aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Mulai dari kegiatan di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Yayasan Kasih Mandiri Bersinar, Yayasan Fizar, Yayasan Onkologi Anak Indonesia, Yayasan Anak dengan Kebutuhan Khusus, hingga Garda Satwa Indonesia.

"FOCI Berdiri tahun 2002 atas inisiatif dari beberapa orang pendiri, antara lain Ruhut Sitompul, George Widjojo, Jack Budiman, Soetikno Soedarjo dan Indrajit Sarjono. Visi dan misi dari FOCI adalah sebagai wadah organisasi non profit bagi para pemilik Ferrari di Indonesia untuk berbagi aspirasi dan pengalaman," ungkapnya.

Ia merinci ada beberapa orang yang pernah menjabat sebagai Presiden FOCI, antara lain Ruhut Sitompul (2002-2004), Romy Winata (2005-2012), Ahmad Sahroni (2013-2016), Hanan Supangkat (2017-2020) dan Stanley Atmadja (2021-2024).

"Para anggotanya lintas profesi, suku, agama, ras, dan antar golongan. Bahkan juga lintas pandangan politik. Disatukan dalam satu kesamaan, yakni pecinta Ferrari dan juga pecinta Indonesia," pungkasnya.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT