ADVERTISEMENT

Hari Sepeda Sedunia, Anies Gowes Bareng Dubes Inggris-Turki Keliling Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 11:25 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini gowes bersama sejumlah duta besar memperingati Hari Sepeda Sedunia (World Bicycle Day 2022). Anies dan rombongan menyusuri kawasan Dukuh Atas hingga Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Duta besar yang hadir di antaranya Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Duta Besar India Manoj Kumar dan Duta Besar Turki Askin Aksan.

"Kita memperingati World Bicycle Day. Namanya saja peringatan, kalau peringatan berarti mengingatkan kita tentang pentingnya menggunakan sepeda sebagai alat untuk keseharian kita. Alat transportasi, alat olahraga yang tujuannya tadi disampaikan Pak Fahmi memberikan kebahagiaan," kata Anies di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2022).

Anies mengatakan Jakarta serius memberikan fasilitas untuk pesepeda maupun pejalan kaki yang setara dengan pengguna kendaraan bermotor. Dengan begitu, dia berharap masyarakat terbiasa menggunakan sepeda ketika beraktivitas.

"Jadi kami berharap mudah-mudahan dengan kegiatan ini pesan itu akan bisa terkirimkan lebih luas lagi. Dan ini menjadi penting karena bersepeda bukan hanya oleh jajaran pemerintah, tapi bersepeda oleh seluruh masyarakat," ujarnya.

Anies juga mengklaim terjadi peningkatan jumlah pengguna sepeda hingga 10 kali lipat. Merujuk pada data ini Anies memberi usul supaya produsen lebih banyak memproduksi sepeda kota atau urban bike.

"Kalau saya boleh usul, berikan kesempatan untuk sepeda kota, urban bike untuk lebih banyak lagi diproduksi karena banyak beredar di lapangan hari ini adalah sepeda gunung, sepeda untuk di kawasan bukan aspal, bukan jalan raya. Kita membutuhkan lebih banyak sepeda yang merupakan city bike, urban bike yang otomatis kalau naik sepeda itu duduknya tegak," jelasnya.

"Sepeda itu makin duduknya bungkuk, kira-kira kecepatannya makin tinggi. Makin tegak berdiri, kecepatan makin rendah," sambungnya.

Karena itu, Anies juga berharap upaya ini diiringi peran komunitas mengajak masyarakat menggunakan sepeda saat beraktivitas.

"Saya ceritakan hampir semua para dubes ini sehari-harinya dulu pada baik sepeda. Ketika di Jakarta kegiatan bersepeda itu nggak menurun. Karena itu kita berharap community di Jakarta lebih banyak menggunakan sepeda," katanya.

Simak juga 'Tahun Lalu Anies Bike to Work Bareng Dubes Denmark-Belanda di Hari Sepeda Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT