ADVERTISEMENT

Geger Pria Onani di KRL, KRLMania Minta KAI Maksimalkan Kamera di Gerbong

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 02 Jun 2022 16:31 WIB
Rute KRL Jabodetabek terbaru telah dirilis oleh PT KAI. Aturan ini menyesuaikan dengan pelaksanaan Switch Over di Stasiun Manggarai pada Sabtu, (28/5/2022).
Ilustrasi. Kereta (Foto: kai.id)
Jakarta -

Pria diduga onani di dalam gerbong KRL kawasan Jabodetabek diamankan KAI Commuter. Komunitas pengguna KRL, KRLMania meminta pengawasan di dalam gerbong diperketat.

"Kalau saya sih dari PT KCI kan turut memaksimalkan kamera yang ada di gerbong KRL. Sehingga kejadian tersebut bisa terdeteksi secara cepat, tidak perlu diviralkan. Sehingga penumpang melapor bisa langsung ditindak gitu misalkan," kata anggota KRLMania, Gusti Nataraja saat dihubungi detikcom, Kamis (2/6/2022).

Gusti menyebut peristiwa semacam itu beberapa kali terjadi, bahkan hingga viral. Dia meminta KAI Commuter memaksimalkan upaya preventif agar kejadian serupa tak terulang.

"Ada baiknya PT KCI lebih preventif dalam upayanya mencegah terjadinya kekerasan seksual. Ini kan kekerasan seksual juga secara tidak langsung," jelasnya.

Selain itu, Gusti juga meminta tindakan onani di dalam KRL juga diselesaikan melalui prosedur kepolisian.

"Tindakan seperti itu memang perlunya ya diselesaikan di kepolisian ya. Terutama sudah ada Undang-Undang TPKS. PT KCI harus mengadopsi aturan yang ada di sana dan menerapkannya. Sehingga terjadi rasa aman dan nyaman bagi penumpang," imbuhnya.

"Kalau memang dalam SOP di undang-undang tersebut pada polisi, maka ikutin aja aturannya. Jadi KCI tidak perlu memiliki aturan tersendiri, tapi ikuti SOP yang sudah tertulis dalam Undang-Undang," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan video seorang pria diduga onani di dalam KRL kawasan Jabodetabek viral di media sosial. KAI Commuter memastikan pelaku sudah diamankan.

"Atas laporan dan hasil penelusuran petugas, sesuai dengan ciri-ciri pelaku yang dilaporkan dan dari tangkapan layar di media sosial, pelaku tindak asusila tersebut telah diamankan kemarin," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Diketahui, peristiwa itu terjadi pada Rabu (1/6) kemarin di lintas Jatinegara-Pasar Senen. Pelaku kemudian dimintai keterangan lebih lanjut.

"Kemudian pelaku dimintai keterangan dan dilakukan proses lebih lanjut," jelasnya.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT