ADVERTISEMENT

Jokowi-Megawati Merenggang atau Dijauhkan?

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kamis, 02 Jun 2022 16:29 WIB
Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri di Istana
Foto: Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerhati politik melihat ada kerenggangan hubungan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Elite PDIP justru melihat ada indikasi ada pihak yang ingin menjauhkan hubungan Jokowi dan Megawati. Jadi hubungan Jokowi-Megawati sebetulnya merenggang atau direnggangkan?

Pakar politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mencatat sejumlah kode politik yang menunjukkan renggangnya hubungan Jokowi dan Megawati sejak momen lebaran tahun ini. Kemudian berlanjut sampai terakhir kali ketidakhadiran Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (1/6/2022) kemarin.

"Kode hubungan Megawati dan Jokowi merenggang itu kan dari Idul Fitri. Pak Jokowi nggak ke Teuku Umar malah ke Sultan Yogyakarta. Setelah ke Jakarta pun nggak langsung ke Teuku Umar," kata Hendri Satrio, kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

"Diperparah lagi pernyataan Pak Jokowi di Magelang, dia bilang ojo kesusu tapi dianya sendiri kesusu keceplosan bahwa yang dia dukung mungkin ada di sini, which is PDIP kan lagi naikin Puan Maharani tidak ada di situ," imbuhnya.

Jika pakar politik melihat sebuah indikasi merenggangnya hubungan Jokowi dan Megawati, di internal PDIP ceritanya sedikit berbeda. Internal PDIP, utamanya di ring terdekat Ketua Umum, melihat indikasi adanya pihak yang menjauhkan Jokowi dan Megawati.

"Ini kan ada indikasi, saya tidak mengatakan fakta ini. Ada indikasi kuat hubungan antara Pak Jokowi dengan Ibu itu mau dijauhkan. Itu sudah terjadi sejak lama, ini pengulangan, ini replay lagi," kata Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto kepada wartawan, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Bambang Pacul meyakini Jokowi sangat hormat kepada Megawati. Dia yakin sekali Jokowi tidak akan pernah bertabrakan dengan kebijakan Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

"Pak Jokowi sendiri pernah ngomong sama saya, 'Saya sama Ibu itu sama seperti anak sama orang tua'," kata Bambang.

Melontarkan ada indikasi pihak yang menjauhkan Jokowi dan Megawati, Bambang tidak mau menyebut siapa pihak yang di maksud. Ia yakin berbagai spekulasi itu akan selesai begitu Jokowi bertemu dengan Megawati. Apalagi Megawati pernah bicara kepadanya bahwa Jokowi dilahirkan oleh rahim PDIP dan dibidani oleh Megawati.

"Nanti ketemu Pak Jokowi ketemu Ibu selesai," tutur Bambang.

Lantas siapa yang disebut Bambang menjauhkan Megawati dan Jokowi?

Lihat juga Video: Kekhawatiran Megawati akan Nasib RI Jika Dirinya Telah Tiada

[Gambas:Video 20detik]



(van/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT