Penumpang KRL Numpuk di Tangga Stasiun Manggarai Gegara Eskalator Mati

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Penumpang KRL Numpuk di Tangga Stasiun Manggarai Gegara Eskalator Mati

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 21:38 WIB
Suasana Stasiun Manggarai pukul 19.05 WIB.
Suasana Stasiun Manggarai pukul 19.05 WIB. (Dwi/detikcom)
Jakarta -

Salah satu eskalator di peron Stasiun Manggarai arah Depok, Nambo, dan Bogor mati. Akibatnya, penumpang menumpuk di tangga peron 12-13.

Pantauan di lokasi, Selasa (31/5/2022) pukul 19.05 WIB terlihat antrean panjang di eskalator peron 12-13 arah Bogor. Penumpang hanya menggunakan eskalator di sebelah kanan karena bagian kiri masih mati.

Petugas mengarahkan penumpang lain menuju tangga peron 12-13. Sekitar pukul 19.07 WIB terlihat antrean panjang di tangga Stasiun Manggarai.

Pengguna KRL mulai berdesak-desakan di tangga karena penumpang di lantai 3 belum masuk ke kereta tujuan. Meski demikian, antrean berangsur lengang saat kereta arah Bogor sampai. Di dalam kereta juga terlihat kosong.

Penumpang KRL, Retno (41), menyayangkan tak berfungsinya satu eskalator di jam sibuk. Menurutnya, kondisi lift masih terbatas untuk digunakan lansia.

"Dengan kondisi begini (eskalator) membantu. Istilahnya, itu buat umum ya. Sayang banget kalau dipakai cuma satu. Kalau tangga lumayan buat lansia, nunggu liftnya juga terbatas kapasitasnya," ungkap Retno.

Retno mendapati pengalaman kurang mengenakkan selama 2 hari menggunakan rute baru. Terutama setelah transit dari Bogor ke Manggarai.

"Saya mau ke Sudirman, sementara di Manggarai sendiri kita tahu yang dari Bekasi transit di sini, dari Bogor di sini. Kemarin jam pulang sampai lewati 2 kereta, saking full-nya. Udahlah saya nunggu lagi, untuk ke Bogor," kata Retno.

"Terus terang chaos sih menurut saya. Karena yang Bogor bisa nunggu di bawah, sekarang semua di sini (lantai 3)," ungkapnya.

Sebelumnya, PT KAI Commuter menyebut eskalator yang mati menuju peron 12-13 Stasiun Manggarai, Jakarta, tidak rusak. Namun eskalator dihidupkan saat jam-jam sibuk.

"Iya, ini sementara ya. Jadi nanti kalau full, kita naikin semua untuk akses, ya. Tapi yang pasti, kita komitmen di sini petugas-petugas untuk memastikan fasilitas-fasilitas," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada wartawan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Simak Video 'Respons KCI soal Penumpang KRL Keluhkan Pemberlakuan Rute Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT