Pohon Tumbang di Menteng Jakpus Imbas Hujan Deras-Angin Kencang

ADVERTISEMENT

Pohon Tumbang di Menteng Jakpus Imbas Hujan Deras-Angin Kencang

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 20:25 WIB
Evakuasi pohon tumbang di Menteng, Jakpus
Evakuasi pohon tumbang di Menteng, Jakpus. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah DKI Jakarta sore tadi. Imbasnya, satu pohon besar di Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), dilaporkan tumbang.

Kepala Pleton Gulkarmat Jakpus Sektor Menteng, Nurulusianto, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, sore tadi. Dia menyebut pihaknya menerima laporan dari warga bahwa telah terjadi pohon tumbang.

"Kami dari pemadam kebakaran menerima informasi dari lembaga masyarakat RW 04, Kelurahan Menteng, menginformasikan bahwa telah terjadi pohon tumbang di Jalan Latuharhari, Jakpus," kata Nurul saat dihubungi, Selasa (31/5/2022).

Nurul mengatakan pohon yang tumbang itu berjenis pohon tanjung dengan diameter sekitar 80 cm dan tinggi 12 meter. Menurutnya, pohon tersebut tumbang karena sudah tua sehingga tidak kuat menopang saat angin kencang.

"Karena memang dari gelombang 15.00 WIB mengalami hujan, sebelum ashar hujan besar dan mungkin efek pohon sudah tua dan debit volume air cukup tinggi mengakibatkan pohon tidak mampu menahan terpaan hujan," ucapnya.

Akibat kejadian itu, kondisi lalu lintas sempat mengalami kepadatan. Sejumlah petugas kepolisian lalu mengarahkan pengendara untuk melintasi jalur TransJakarta dan jalur alternatif.

"Kondisi lalu lintas sangat padat, kemudian dibantu kepolisian untuk mengarahkan ke jalur busway dan Jalan Subang. Jalanan sempat terhambat karena petugas kehutanan dan kebakaran belum tiba di lokasi," ujarnya.

Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Proses evakuasi pohon berlangsung kurang lebih selama satu jam. Nurul mengatakan saat ini kondisi lalu lintas telah kembali normal.

"Alhamdulillah tidak ada korban akibat peristiwa ini, tidak ada orang, mobil atau kendaraan lain yang melintas saat pohon tumbang," imbuhnya.

Simak Video 'Bibit Siklon Tropis 93W Pengaruhi Cuaca Hari Ini, Cek Info Selengkapnya!':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT