ADVERTISEMENT

Viral Ramai Perokok di Alun-alun Kota Bogor Meski Sudah Dilarang Merokok

M Sholihin - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 17:39 WIB
Alun-alun Kota Bogor dijadikan kawasan piknik tanpa rokok (smoke free picnic). Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan pelang bertuliskan
Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan plang bertulisan 'Kawasan Tanpa Rokok'.
Bogor -

Alun-alun Kota Bogor dijadikan kawasan piknik tanpa rokok (smoke free picnic). Wali Kota Bogor Bima Arya juga memasang plang bertulisan 'Kawasan Anti Rokok' di area Alun-alun Kota Bogor.

Namun beredar foto-foto sejumlah pria yang tengah merokok di Alun-alun Kota Bogor. Foto itu disebut diambil tidak lama setelah Bima Arya meresmikan kawasan piknik tanpa rokok di Alun-alun Kota Bogor.

Satpol PP Kota Bogor buka suara soal foto-foto pria merokok di Alun-alun Kota Bogor. Warga yang kedapatan merokok itu dianggap belum mengetahui aturan Alun-alun Kota Bogor masuk kawasan tanpa rokok (KTR).

"Pengawasan Alun-alun Kota Bogor maupun taman dikelola oleh Disperumkim, dengan anggota Park Ranger, dan untuk ke depannya Satpol PP akan bantu terkait dengan pengawasan kawasan bebas rokok di area alun-alun," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Satpol PP Kota Bogor Andry Sinar, Selasa (31/5/2022).

"Memang tadi setelah diresmikan beredar di media sosial ada orang yang sedang merokok di alun-alun, karena memang baru pagi ini diresmikan. Jadi banyak warga masyarakat yang belum mengetahui. Ke depan akan kami maksimalkan terkait pengawasan KTR ini dan berkoordinasi dengan Disperumkim maupun Dinkes Kota Bogor," tambahnya.

Alun-alun Kota Bogor dijadikan kawasan piknik tanpa rokok (smoke free picnic). Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan pelang bertuliskan Alun-alun Kota Bogor dijadikan kawasan piknik tanpa rokok (smoke free picnic). (M Sholihin/detikcom)

Masyarakat Diminta Lapor

Dalam rilis yang diterima detikcom, piknik tanpa rokok ini merupakan bagian dari kampanye #TeuHayangRokok yang secara konsisten dilakukan Pemkot Bogor bersama berbagai komunitas masyarakat sejak 2017.

Kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia sekaligus menegaskan komitmen Kota Bogor tanpa rokok dan ramah untuk keluarga. Hal ini sesuai dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Dalam kegiatan ini, Pemkot Bogor juga meluncurkan sebuah direktori yang berisi daftar restoran bebas rokok. Diharapkan dapat membantu wisatawan yang mencari lokasi wisata kuliner, termasuk restoran, kafe, dan tempat makan dengan lingkungan yang sehat di Kota Bogor.

Sejak 2009, Kota Bogor diklaim menjadi salah satu kota pertama yang memiliki perda KTR. Bogor juga tercatat sebagai kota pertama yang melarang adanya kegiatan promosi, iklan, dan sponsor rokok di berbagai media, termasuk billboard maupun videotron yang tersebar di penjuru kota.

"Kesepakatan restoran tanpa rokok merupakan bentuk perwujudan visi Kota Bogor yang menjadikan kota ini sebagai Kota Keluarga. Adanya KTR di restoran tentunya akan menarik orang untuk datang tanpa khawatir akan gangguan dari asap rokok, khususnya yang membawa keluarga tidak perlu takut lagi terpapar asap rokok," kata Bima dalam keterangannya.

"Jangan segan-segan melaporkan jika ada pelanggaran KTR seperti tempat makan atau yang lainnya melalui kanal-kanal resmi yang tersedia seperti NongkrongSehatBogor.com ini. Selain melaporkan, masyarakat juga dapat mengusulkan tempat makan atau restoran yang layak masuk dalam direktori ini karena sudah memenuhi standar KTR," tambah Bima.

(jbr/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT