ADVERTISEMENT

Sederet Capaian Hutama Karya di Bidang Digital Konstruksi-CSR

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 17:33 WIB
Hutama Karya Raih Penghargaan
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menyabet sejumlah penghargaan sejak awal tahun 2022. Penghargaan tersebut di antaranya untuk bidang konstruksi digital hingga program tanggung jawab sosial perusahaan.

Diketahui, Hutama Karya memborong 4 penghargaan di ajang Digitech Award yang diselenggarakan iTech dari PT Media Madani Ultima. Yakni The Best Transformation & Digital Innovation, The Best IT Planning & Project Portfolio, The Best Chief Information Technology Officer yang ditujukan untuk Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra, serta The Best Corporate Secretary Digital Transformation. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Vice President Teknologi & Informasi Hutama Karya Rizky Agung Saputra di Hotel Mulia Senayan pada Rabu (30/3) lalu.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan pihaknya meraih penghargaan ini atas penilaian dalam aspek keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, kesetaraan dan kewajaran. Di samping itu penilaian juga dilihat dari implementasi penggunaan teknologi digital konstruksi pada satu proyek.

"Dalam ajang ini kami turut dalam beberapa nominasi yakni The Best Transformation & Digital Innovation, The Best IT Planning & Project Portfolio, The Best Chief Information Technology Officer, dan The Best Corporate Secretary Digital Transformation. Tentunya prestasi ini dapat diraih berkat kolaborasi internal dan komitmen perusahaan untuk adaptif dalam penerapan teknologi konstruksi terbaru yang efisien. HK sendiri sudah menerapkan beberapa inovasi teknologi di antaranya BIM (Building Information Modeling), PMIS (Project Management Information System), Digital Survey ( LiDAR), Dashboard monitoring GIS, dan Driving simulation," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Dijelaskannya teknologi tersebut digunakan dalam proyek bendungan Semantok di Nganjuk, serta pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Ia menilai penggunaan teknologi konstruksi dapat memberikan ruang rancang bangun yang lebih efisien dan irit material, namun tetap mempertahankan standar kualitas layak fungsi maupun guna. Teknologi konstruksi menitikberatkan pada kenyamanan dan keamanan para owners ataupun pengguna jalan tol.

Selain di bidang teknologi, Hutama Karya juga meraih penghargaan untuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Tjahjo menjelaskan pihaknya meraih 4 bintang untuk kategori - kategori sistem, kebijakan dan pelaksanaan CSR perusahaan serta Top Leader on CSR Commitment 2022 dalam ajang Top CSR Awards 2022 yang digelar di Hotel Raffles. Adapun kedua penghargaan tersebut diterima langsung oleh Vice President TJSL Hutama Karya Agus Kosasih.

Tjahjo memaparkan unsur yang dinilai dalam ajang ini adalah kriteria, keselarasan program CSR dengan strategi bisnis perusahaan, tingkat adopsi program CSR terhadap ISO 26000, kebijakan dan tata kelola program CSR, serta program unggulan CSR perusahaan.

Diketahui penghargaan TOP CSR Award 2022 merupakan acara tahunan yang rutin diadakan sebagai bentuk apresiasi dari kegiatan CSR perusahaan yang memiliki dampak terhadap lingkungan sekitarnya. Adapun kategori penghargaan dalam Top CSR Award 2022 telah diklasifikasikan dalam lima tingkatan level bintang.

"Banyak kegiatan TJSL yang sudah kami lakukan sejak awal tahun 2022 ini, mulai dari HK Peduli Bencana dengan penyaluran ribuan paket sembako dan alat berat untuk korban gempa bumi di Banten dan Sumatera Barat serta korban banjir di Serang - Banten, hingga HK Peduli Pendidikan dengan pemberian beasiswa kepada siswa/siswi tidak mampu di Bogor dan putra/i TNI AD di Bengkulu serta penyediaan alat TIK dan pembangunan akses jembatan untuk masyarakat Banten," tandasnya.

Menurut program TJSL yang dijalankan Hutama Karya dalam rangka mendorong terciptanya SDM yang berkualitas, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah bisnis perusahaan.

Dia pun berharap Top CSR Award 2022 tak hanya sekadar ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan, tapi juga menjadi sarana bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan efektivitas dan peningkatan kualitas berbagai program dalam mendukung bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan kebermanfaatan bagi lingkungan dan sosial.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT