ADVERTISEMENT

Pemkot Jaksel Sediakan Dana Rp 1,2 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Barito

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 16:52 WIB
Sejumlah pekerja mulai membongkar fisik bangunan Pasar Hewan yang berada di Jalan Barito Raya, Jakarta, Senin (09/05/2022).
Bakal direvitalisasi, Pasar Hewan Barito mulai dibongkar. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan bakal melakukan revitalisasi Pasar Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dana Rp 1,2 miliar telah dipersiapkan untuk merevitalisasi pasar tersebut.

"Anggaran revitalisasi pasar burung itu kemarin Rp 1,6 miliar. Namun itu ditawar oleh pemenang lelang itu Rp 1,2 miliar," ujar Kasudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Dedy Dwi Widodo di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2022).

Dana tersebut ditargetkan untuk merevitalisasi 85 kios. Nantinya pedagang yang sudah berdagang di lokasi itu dipastikan akan mendapat kios baru.

"Artinya, pedagang yang sudah berdagang di situ ya dapat lagi. Kita tidak nambah baru tidak, mengganti baru," ucap Dedy.

"Makanya dalam proses pembangunannya atau pemindahan itu tidak ada gejolak yang ada. Gejolak kalau kita nambah pedagang baru, pedagang pengganti, nah itu," sambungnya.

Di Pasar Barito itu terdapat tiga jenis pedagang. Mereka adalah 25 kios penjual burung dan 26-30 kios pedagang buah serta kuliner, yang merupakan pedagang legendaris.

"Itu kan kalau kita lihat para pedagang legenda. Tahu burung kalau ingin beli itu di situ, kuliner juga. Makanya kita lakukan revitalisasi itu buah dan kuliner," kata Dedy.

Revitalisasi akan dilakukan secara bertahap. Kini revitalisasi didahulukan pada kios pedagang hewan.

(ain/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT