ADVERTISEMENT

Warga Bandung Barat Digegerkan Lubang Misterius di Tengah Sawah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 12:14 WIB
BPBD KBB Tutup Lubang Misterius di Sawah Warga
BPBD Kabupaten Bandung Barat menutup lubang misterius di sawah warga. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Lubang berdiameter satu meter muncul tiba-tiba di lahan sawah di Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Fenomena itu membuat geger warga setempat.

Dilansir dari detikJabar, lubang itu muncul pada Senin (30/5/2022), sekitar pukul 04.00 WIB. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, mengatakan warga mendengar suara limpasan air sebelum lubang muncul.

"Jadi awalnya warga di dekat lokasi mendengar ada seperti tumpahan atau limpasan air, itu jam 4 pagi," ujar Duddy saat dihubungi detikJabar, Selasa (31/5).

Duddy mengatakan warga yang mendengar suara itu langsung mengecek ke lokasi. Mereka khawatir suara tersebut merupakan tanda bencana alam.

"Setelah dicek, ternyata muncul lubang berdiameter kurang lebih 1 meter dengan kedalaman kira-kira 10 meter," ucap Duddy.

Menurut Duddy, fenomena misterius itu sangat jarang terjadi di wilayah Bandung Barat. Namun, karena terjadi di tanah sawah, diduga berkaitan dengan kontur tanah yang labil.

"Warga memang khawatir terjadi pergerakan tanah dan juga jarang terjadi. Tapi, karena terjadi di sawah, bisa saja karena tanah tergerus air sehingga amblas," tutur Duddy.


Simak Berita Selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Ahli: Lubang Raksasa Sukabumi Akibat Aliran Sungai Bawah Tanah':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT