ADVERTISEMENT

MAKI: KPK Tak Ada Kemauan Cari Harun Masiku, Bandingkan dengan Nazaruddin

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 09:29 WIB
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman (Azhar Bagas/detikcom)
Foto: Koordinator MAKI, Boyamin Saiman (Azhar Bagas/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) memandang KPK bukan tak memiliki kemampuan mencari buron DPO Harun Masiku. Namun, MAKI memandang KPK memang tak memiliki kemauan untuk mencari.

"Kunci utamanya bukan KPK tidak lagi memiliki SDM atau kemampuan untuk mencari Harun Masiku, tapi yang utama adalah tidak mau, jadi tidak ada kemauan untuk mencari," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Boyamin lantas membandingkan dengan pencarian M Nazaruddin yang berhasil ditangkap di Kolombia. Menurutnya, pada pencarian tersangka kasus proyek Wisma Atlet ini dilakukan dengan kemauan yang kuat.

"Dulu misalnya dalam kasus Nazaruddin itu sampai bisa menangkap di Kolombia itu karena awalnya karena kemauan, tekad kuat untuk menangkap. Bagaimana dulu di Singapura dia bersembunyi tidak ekstradisi tapi kemudian melakukan upaya lobi-lobi tingkat tinggi akhirnya Singapura 'tidak menginginkan' Nazaruddin atau disuruh pergi di Singapura, akhirnya di Kolombia ditangkap," katanya.

"Nah, itu kan ada kemauan, jadi, yang utama itu kalau sekarang tidak ada kemauan untuk menangkap Harun Masiku," tambahnya.

Selanjutnya, Boyamin menganggap SDM di KPK telah turun derajat. Sebab pada pencarian Harun Masiku ini tidak dilakukan dengan serius.

"Nah, karena tidak ada kemauan ya otomatis segala hal jadi turun semua derajatnya, SDM-nya, sarana teknologinya, tidak betul-betul dipantau segala macam. Jadi, itu intinya ketidakmauan ini lah yang menjadi kunci kenapa Harun Masiku sampai sekarang tidak tertangkap," katanya.

Simak video 'Kubu Moeldoko Ungkit Hambalang Tapi Rangkul Nazaruddin':':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT