Di Acara PKS, Ketum PAN Harap Bisa Bareng-bareng Anies hingga Sandi

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 17:09 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kebudayaan saat acara Zulhas Award. Dia berpidato di depan 3 kandidat potensial capres 2024.
Foto: Zulkifli Hasan (Zulhas). Agung Pambudhy
Jakarta - Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) hadir di acara Harlah ke-20 PKS yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Dalam pidato kebangsaannya, Zulhas mengajak PKS bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), koalisi yang digagas oleh PAN, Golkar, dan PPP.

Ihwalnya, Zulhas berbicara soal situasi politik nasional yang dinilai tak produktif lantaran Pilpres 2019 hanya menampilkan dua poros koalisi. Zulhas berharap poros koalisi yang muncul lebih beragam di Pilpres 2024 mendatang.

"Atmosfer kita kita akhir-akhir ini pengap dan tidak produktif akibat mungkin salah satu sebabnya Pilpres kemarin itu hanya dua pasang, karena Pilpres cuma dua pasang, masing-masing pendukung mati-matian membela kandidatnya dan meniadakan kandidat yang lain," kata Zulhas dalam acara Harlah ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

Zulhas kemudian mengajak PKS bergabung di poros KIB. Tujuannya agar Pilpres 2024 tidak hanya dihiasi oleh dua poros koalisi.

"Kami Golkar dan PPP mencoba membuat Koalisi Indonesia Bersatu ya, itu coba. Maksudnya mudah-mudahan PKS bisa bersama-sama. Maksudnya itu jangan dua (poros) lagi, calonnya jangan dua lagi Pilpres besok," kata Wakil Ketua MPR itu.

Tak hanya itu, dia juga mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra sekaligus Menparekraf Sandiaga Uno.

"Oleh karena itu, kami mencoba, Pak Anies, Cak Imin, mudah-mudahan kita bisa bareng-bareng, ya, Pak Sandi," lanjutnya.

Diketahui, sejumlah tokoh politik dan pejabat pemerintah turut meramaikan di acara Harlah ke-20 PKS. Para elite PKS yang hadir, di antaranya Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

Elite parpol lain yang hadir, di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Waketum Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Sekjen PPP Arwani Thomafi, Wakil Ketua DPR sekaligus elite NasDem Rachmat Gobel, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra yang juga Menparekraf Sandiaga Uno.

Dari jajaran pemerintah, hadir pula Ketua KPU RI Hasyim Asyari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Ketua DKPP RI Muhammad, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.

Simak juga 'Syaikhu Singgung Tingginya Angka Presidential Threshold di Milad PKS':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/gbr)