Ragam Komentar Warga soal Replika Mobil Formula E Mejeng di HI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 13:17 WIB
Jakarta -

Replika mobil Formula E mejeng di kawasan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Warga pun berbondong-bondong mengabadikan foto bersama replika mobil listrik tersebut.

Salah satu pengunjung CFD bernama Nurwandi (56) menyambut baik pemajangan replika mobil Formula E di kawasan Bundaran HI. Menurutnya, pameran ini dapat meyakinkan masyarakat event Formula E bisa mendatangkan keuntungan bagi negara Indonesia.

"Bagus lah, Indonesia jadi terkenal di mata dunia. Nanti orang luar pada masuk semua kan, soalnya orang luar yang banyak belanja tiket itu," kata Nurwandi saat ditemui di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

Meskipun mendukung Formula E di Jakarta, Nurwandi mengaku akan menonton gelaran ajang mobil listrik itu melalui televisi ketimbang nonton langsung.

"Nggak lah. Nonton di TV aja (karena) mahal, Rp 250 ribu," ujarnya.

Pengunjung lainnya bernama Novi (42) mengaku senang bisa melihat replika mobil Formula E. Menurutnya desain mobil Formula E cukup unik dan berbentuk layaknya mobil mainan.

"Baru tahu seumur-umur bentuknya kayak Tamiya ya, cuman keren juga," ucapnya.

Meski begitu, Novi mengaku tidak akan menonton gelaran Formula E pada 4 Juni mendatang. Menurutnya, harga tiket Formula E relatif mahal sekalipun bisa mengakses seluruh wilayah Ancol.

"Nggak (nonton), kayaknya berat. Iya, saya juga tahu. Kalau pakai tiket itu baru bisa masuk (Ancol), itu dia kendalanya. Kalau saya masih single mungkin nekat ya, karena saya sudah punya anak. Suami saya sih pengen, tapi berat," ungkapnya.

Di sisi lain, ada pengunjung yang tertarik membeli tiket Formula E setelah melihat replika mobil, salah satunya Shela (26). Dia mengaku tak akan minat membeli tiket jika tak melihat replika mobil secara langsung.

"Oke, sih, bagus. Masyarakat antusias mau foto lihat dari dekat karena banyak yang berhenti sejenak ambil foto dan video," kata Shela.

"Ini lagi cek sama jadwal juga. Kalau nggak foto di sini nggak bakalan ada rasa tertarik, tapi karena udah lihat detail jadi cek jadwal sama tiket," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, replika mobil Formula E dipamerkan saat kegiatan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan rencananya replika mobil Formula ini dipajang di Bundaran HI hingga 4 Juni mendatang.

"Kira-kira sampai minimum tanggal 4 (Juni)," kata Widi Amanasto saat ditemui di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Widi mengatakan replika mobil balap ini dipajang di lokasi strategis supaya masyarakat lebih mengenal ajang Formula E. Sebab, kata dia, tidak semua masyarakat bisa menonton Formula E secara langsung karena keterbatasan tiket.

"Kita pajang di sini untuk dinikmati seluruh masyarakat luas, bukan hanya masyarakat DKI mungkin nasional nanti diumumkan di sini bahwa Formula E mobilnya ada di sini, mockup-nya. Inilah mockup yang satu banding satu," ujarnya.

Widi juga menjelaskan mengenai progres pembangunan sirkuit Formula E. Widi menyebut saat proses sertifikasi atau homologasi sirkuit bakal dilakukan dalam waktu dekat.

(taa/idn)