Kapolri Ajak Warga Budayakan Bersepeda, Bicara Dampak Baik ke Lingkungan

M. Hanafi - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 10:22 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak masyarakat untuk membudayakan kegiatan bersepeda. Sebab, menurut Listyo, bersepeda menjadi salah satu budaya sehat yang banyak memberikan manfaat.

"Jadi saya kira budaya sehat, budaya sepeda ini. Saat ini sudah jadi tuntutan bagi kita semua," kata Listyo di Platran Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

Listyo Sigit mengungkapkan, selain dapat bermanfaat bagi kesehatan, bersepeda dapat menjadi langkah alternatif dalam menghemat konsumsi BBM. Dia mencontohkan penggunaan sepeda bike to work atau bersepeda ke kantor.

"Jadi kalo kemudian budaya bersepeda ini kemudian dibiasakan, menjadi satu kegiatan untuk dari rumah ke kantor, dengan bersepeda saya kira hal yang positif, beban kita terhadap penggunaan BBM menjadi jauh berkurang," ujarnya.

Tidak hanya itu, Kapolri juga menyinggung tentang dampak baik bersepeda bagi lingkungan. Menurut Listyo, dengan bersepeda kita dapat mewariskan hal yang baik di masa yang akan datang.

"Di satu sisi, dampaknya terhadap lingkungan juga sangat bagus. Dan ini tentunya kita wariskan hal yang baik untuk generasi di masa mendatang, untuk bumi kita yang lebih baik," ucap Listyo.

Listyo menyebut budaya rutin bersepeda banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Khususnya untuk mempersiapkan calon atlet sepeda yang mendulang prestasi.

"Di samping kita bisa menjaga stamina, kebugaran, di satu sisi juga kemudian ini menjadi budaya dan banyak hal yang bisa kita dapat dari kegiatan ini. Kita bisa mempersiapkan atlet yang berprestasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit pagi ini bersepeda bersama sejumlah atlet sepeda Sea Games di GBK. Jenderal Sigit selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) memberikan apresiasi atas raihan medali yang didapat para atlet sepeda pada SEA Games 2021.

Pantauan detikcom, Minggu (29/5/2022), pukul 07.00 WIB, terlihat para atlet sudah bersiap di depan Stadion Gelora Bung Karno. Jendral Listyo tampak mengenakan jersey sepeda berwarna merah putih bertuliskan 'Indonesia".

Para rombongan terlihat start dari kawasan Hutan Kota Plataran GBK. Kapolri dan para atlet setelah itu akan mengitari kawasan Bundaran HI.

Pada pukul 07.40 WIB, rombongan Kapolri serta para atlet pun sudah kembali ke titik finis. Setelah itu, Listyo tampak bersalaman dengan para kontingen sepeda Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021. Dia memberikan kalung bunga kepada tiap atlet.

"Saya ucapkan selamat kepada para atlet yang telah berjuang keras di SEA Games. Capaian di SEA Games ini bisa menjadi motivasi untuk event-event sepeda ke depan," ujar Listyo Sigit dalam sambutannya seusai gowes bersama para atlet.

Untuk diketahui, pada SEA Games Vietnam, tim balap sepeda Indonesia meraih kesuksesan dengan membawa pulang tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu.

Pencapaian ini meningkat dari SEA Games Filipina pada 2019 dengan satu emas, empat perak, dan dua perunggu.

(rak/rak)